Sanggar Sari Gading lestarikan Tarian dan Musik Panting

  • Whatsapp
: Sanggar Tari Sari Gading yang ada di Desa Benua Lawas Kecamatan Kelumpang Hulu tunjukkan tari dan musik tradisional Panting ciri khas Kalimantan Selatan.

Kotabaru, kalselpos.com – Di Indonesia banyak memiliki keragaman budaya yang berbeda-beda ini terlihat dari suku, bahasa, adat istiadat dan tarian yang ada di masing-masing daerah.


Di era modern saat ini sudah banyak ragam adat dan budaya mulai terlupakan luntur tergores oleh kemajuan zaman seperti musik tradisional dan tarian.

Bacaan Lainnya

Untuk itu dari kalangan pencinta seni dan budaya akan tetap eksis mempertahankan dan melestarikannya.

Di Kabupaten Kotabaru sendiri ada banyak seni dan budaya yang perlu dilestarikan seperti Sanggar Tari Sari Gading yang ada di Desa Benua Lawas Kecamatan Kelumpang Hulu dan musik tradisional Panting ciri khas Kalimantan Selatan.

Syamsuddin salah satu Pembina Sanggar Seni Sari Gading mengatakan, sejak tahun 2018 yang lalu tarian dan musik panting ini sudah dilestarikan dan menggunakan kearifan lokal khas Kalimantan Selatan. “Tujuannya agar budaya maupun seni ciri khas adat banjar tidak hilang tergerus oleh zaman,” ucap dia belum lama tadi.

Hal senada juga disampaikan oleh Juhaini Camat Kelumpang Hulu, adat budaya yang ada di Cantung ini sangat beragam dan sangat penting untuk di lestarikan.

“Menjadi harapan kita bersama, untuk menimbulkan kesadaran bagi anak-anak muda yang ada di kecamatan ini agar dapat terus melestarikan, menjaga dan melindungi budaya maupun kearifan lokal yang ada di Kalimantan Selatan agar tetap berkembang,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya