Bantuan logistik dianggap Cukup, warga Hantakan kini perlu Barak Hunian

  • Whatsapp
Berry Nahdian Furqon

Barabai, kalselpos.com – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Berry Nahdian Furqon menyarankan kepada masyarakat atau perusahaan yang mau memberikan bantuan kepada korban banjir di wilayahnya, agar terlebih dahulu berkoordinasi dengan Posko Induk Penangana banjir setempat,
yang bermarkas di Stadion Mandingin Barabai.

“Tujuannya agar bantuan tidak menumpuk di satu titik saja,” ujarnya, kepada kalselpos.com, Sabtu (6/2/21) kemarin.

Bacaan Lainnya

Berry mengungkapkan, selama, ini bantuan banyak terfokus di satu titik yaitu Kecamatan Hantakan, karena di daerah tersebut banjirnya memang cukup parah dan viral di media sosial.

“Saya sampaikan, untuk bantuan logistik di Hantakan sangat cukup. Jadi bagi yang mau menyumbang atau membantu bisa memberikannya kepada masyarakat yang tinggal di daerah lain yang juga sangat perlu bantuan, seperti di Desa Kayu Rabah, Kecamatan Pandawan, Sungai Buluh dan Mantaas di Kecamatan Labuan Amas Utara,” bebernya.

Berry menyampaikan, dengan berkoordinasi terlebih dahulu ke posko induk, maka pemberi bantuan bisa diarahkan ke mana saja bantuan disalurkan, agar tidak tertumpuk di Hantakan.

“Kebanyakan yang mau membantu langsung ke Hantakan, kita tidak bisa melarang juga, karena mungkin para penyumbang ingin melihat langsung situasi di lapangan,” cetusnya.

Berry mengungkapkan, yang diperlukan masyarakat Hantakan saat ini adalah barak hunian sementara, karena tempat tinggal warga hampir semuanya rusak dan tidak layak lagi untuk dihuni.

“Setidaknya masyarakat Hantakan perlu 12 barak berukuran besar untuk hunian sementara. Untuk membangun satu  barak, diperlukan dana Rp70 juta sampai Rp100 juta,” ujarnya.

Kabar baik juga disampaikan Berry, jika masyarakat di Hantakan semuanya bersedia untuk direlokasi. Saat ini Pemda HST masih dalam tahap penyiapan lahan yang lokasinya tidak jauh dari perkampungan terdahulu.

“Semua sudah mau direlokasi, tinggal proses penyiapan lahan. Yang mendesak saat ini kami akan bangun barak untuk hunian sementara,” tukasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : anas aliando
Editor. : s.a lingga

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya