DPRD Banjarmasin minta Satgas Normalisasi Sungai bekerja Maksimal

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Tugiatno memantau langsung pembongkaran pos pangkalan ojek di depan Pasar Pandu, Banjarmasin Timur yang di bangun di atas bantaran sungai.

BANJARMASIN, kalselpos.com – Tim Satgas Normalisasi Sungai yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Banjarmasin dan sudah diberi SK Walikota untuk mengantisipasi musibah banjir dan air pasang, diharapkan dapat bekerja maksimal.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan, Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Tugiatno, agar tim yang bekerja dapat benar-benar serius dalam bertugas, agar langkah antisipasi dan penanganan hingga normalisasi sungai dapat diwujudkan.

“Sebab kami yakin, bila Satgas Normalisasi Sungai bekerja maksimal. Maka hasilnya juga dapat dicapai dengan baik,” ujar Tugiatno, usai meninjau proses normalisasi sungai dan pembongkaran bangunan di kawasan Jalan Pandu, kemarin.

Dikatakannya, terkait pembongkaran bangunan yang dinilai mengganggu dan menghambat arus air, dapat dilaksanakan tanpa pandang bulu. Bila ada kendala, maka diatasi dengan mencari solusi terbaik bersama tim dan jajaran terkait.

“Warga kami yakini juga sangat mendukung langkah normalisasi sungai ini, sebab sudah merasakan sendiri dampak dan akibat bila fungsi sungai hilang. Bencana banjir dan lainnya sudah terjadi,” ingatnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika mengatakan Satgas Normalisasi Sungai mempunyai tugas melakukan pendataan bangunan yang masih ada di bantaran sungai yang dinilai menutupi aliran sungai.

Dasar Surat Edaran (SE) nomor 1 tahun 2021yang dikeluarkan Wali Kota Banjarmasin tersebut adalah Perda nomor 14 tahun 2009 tentang Bangunan Panggung, dan Peraturan Daerah Kota Banjarmasin nomor 15 tahun 2012 tentang izin mendirikan bangunan panggung, serta Perda nomor 31 tahun 2012 tentang Penetapan Pengaturan Pemanfaatan Sepadan sungai dan bekas sungai.

Kini terdata sedikitnya 181 jembatan bangunan gedung (JBG). sebagian besar rendah dan mempersempit aliran sungai, maka akan ditata kembali.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya