Satgas Normalisasi Sungai mulai bongkar Bangunan

  • Whatsapp
Satgas Normalisasi Sungai melakukan pendataan dan pembongkaran bangunan yang dianggap mengganggu aliran sungai.

Banjarmasin, kalselpos.com – Mengantisipasi banjir susulan, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin kini sudah membentuk Satgas Satuan Tugas (Satgas) Normalisasi Sungai.

Bacaan Lainnya

Keputusan pembentukan Satgas itu sudah putuskan dalam surat yang ditandatangani oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Satgas Normalisasi Sungai tersebut melibatkan semua pihak seperti TNI-Polri, dengan Ketua Doyo Pudjadi yang juga menjabat Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika mengatakan, tugas dari Satgas Normalisasi Sungai tersebut melakukan pendataan bangunan yang masih ada di bantaran sungai dinilai menutupi aliran sungai.

“Berdasarkan Perda bahwa orang yang membangun di atas air dan mengganggu aliran sungai, maka bisa mendapatkan pidana,” ujar Windiasti Kartika, Rabu (03/02 /2021) kepada wartawan.

Ia juga menjelaskan, adapun dasar SE ini adalah Perda nomor 14 tahun 2009 tentang bangunan panggung, dan peraturan daerah kota Banjarmasin nwomor 15 tahun 2012 tentang izin mendirikan panggung, serta Perda nomor 31 tahun 2012 tentang penetapan pengaturan pemanfaatan sepadan sungai dan bekas sungai.

“Ada pun satgas sudah mulai pembongkar bangunan di muka Pasar Pandu, itu pos pangkalan ojek yang di bangun di atas bantaran sungai,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, satgas normalisasi sungai juga akan bergerak di kawasan sepanjang Jalan A Yani dan Veteran untuk memverifikasi oleh Dinas perkerja umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin mana saja yang harus di bongkar.

“Kalo sudah di data itu dikawasan Jalan Achmad Yani ada sekitar 181 bangunan jembatan mau pun gedung. Ada pun untuk jembatan kiri kanan sebagian rendah menyempitkan sungai yang pasti kita akan tata kembali,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Penulis : Fudail
Editor : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya