JPKP Kalsel ikut andil upayakan Normalisasi Sungai

  • Whatsapp
Ketua JPKP Kalsel, Winardi Sethiono bersama Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, melihat langsung upaya normalisasi sungai yang dilaksanakan.

Banjarmasin, kalselpos.com– Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kalsel. Sebagai organisasi kemasyarakatan berbasis relawan, membantu upaya pemerintah menormalisasi sungai.

Normalisasi sungai yang dilakukan oleh Pemko Banjarmasin tersebut JPKP Kalsel tentu juga turut mengawal kebijakan pemerintah dan berkontribusi langsung di lapangan membantu menangani persoalan yang dihadapi.

Advertisements

Bacaan Lainnya

“JPKP membantu pemerintah dalam menangani kondisi-kondisi sumber masalah yang bisa mengakibatkan banjir. Salah satunya dengan menginventarisir bangunan-bangunan yang menyebabkan kebuntuan sungai,” ujar Ketua JPKP Kalsel, Winardi Sethiono, Selasa (2/2/2021) siang.

Tak hanya itu, JPKP juga turut serta membantu sosialisasi pembenahan sungai di Banjarmasin kepada masyarakat.

“Kami juga meminta salinan surat edaran Walikota untuk disampaikan kepada masyarakat yang bangunannya menjorok ke sungai, agar mereka bisa membongkar secara mandiri bangunan tersebut. Dalam mengatasi banjir, kita minta segenap jajaran untuk saling bahu membahu menyelesaikan normalisasi sungai, agar kedepan tidak ada banjir,” ungkapnya.

Disamping membatu proses sosialisasi dan mendata bangunan yang disinyalir menghambat aliran sungai, JPKP juga terlibat langsung di lapangan. Sejumlah relawan yang tergabung dibawah naungan JPKP, terjun langsung ke sejumlah titik di sungai veteran menarik Enceng gondok yang menyebabkan penyumbatan.

“Kita lakukan aksi di lapangan. Seperti menerjunkan relawan untuk mengambil Enceng gondok. Kemarin kita juga dibantu salah satu kontraktor alat berat untuk menormalisasi sungai veteran. Kemudian, kami dari JPKP juga bekerja sama dengan tim turbo PUPR, satpol PP, dan damkar,” kata pria yang juga menjabat sebagai ketua DPC Partai Nasdem Kota Banjarmasin tersebut.

Winardi menambahkan, saat ini pihaknya fokus membantu pemerintah menormalisasi sungai Veteran, mulai dari Klenteng Soetji Noerani Veteran, hingga bantaran pasar kuripan.

“Selanjutnya, kami berupaya melancarkan aliran yang ada di pasar Kuripan hingga Gatot, karena air masih tinggi dan banyak bangunan liar disana. Intinya aksi ini akan kita lanjutkan secara berkelanjutan,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya

Advertisements