Sarkiah Sambung Hidup dari Kerajinan Purun

  • Whatsapp
MENGAYAM-Pengrajin purun Desa Tambak Sari Panji, Kecamatan Haur Gading, Kabupaten HSU nampak sedang mengayam ayaman berbahan purun.(ist)

Amuntai, kalselpos.com – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki banyak wilayah perairan, pasalnya sebagian besar merupakan daerah rawa. Tak heran dimana sampai saat ini, masih banyak masyarakatnya yang membuat anyaman purun untuk menjadi mata pencaharian utama.

Salah satunya desa yang sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin purun adalah Desa Tambak Sari Panji, Kecamatan Haur Gading, Kabupaten HSU.

Bacaan Lainnya

Kalimantan Selatan dikenal sebagai salah satu Provinsi yang menghasilkan kerajinan anyaman lokal yang terbuat dari tanaman purun karena banyak ditemui di daerah HSU.

Menurut Sarkiah, salah satu pengrajin purun Desa Tambak Sari Panji ini, dirinya sudah 25 tahun berprofesi sebagai pengrajin purun. Selama itu, yang membuat bertahan sebagai pengrajin purun hingga saat ini adalah kerajinan purun menjadi usaha yang menjanjikan potensi kesejahteraannya dibandingkan usaha yang lain.

“Keuntungan lainnya, ecara letak geografis Desa Tambak Sari Panji memiliki lahan gambut yang sangat luas menjadikan sebagian masyarakatnya mudah untuk mencari bahan baku purun,” imbuhnya.

Selain mudah didapatkan dari segi bahan baku, pembuatan anyaman purun pun sangat beragam dan sangat mudah diaplikasikan menjadi berbagai bentuk kerajinan tangan seperti, tas, topi, hingga karpet.

“Untuk harga hasil kerajinan purun sangat bervariasi, misalnya untuk harga tas dengan ukuran besar harganya Rp. 50.000, ukuran sedang Rp. 40.000, ukuran kecil Rp. 30.000 dan untuk tikar dijual dengan harga Rp. 10.000,” bebernya.

Sarkiah juga mengungkapkan, dirinya bersama pengrajin purun yang ada di Desa Tambak Sari Panji juga mempunyai kelompok kerja dengan nama ‘Manuntung’ yang beranggotakan 52 orang.

“Kelompok kerja ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan juga saling bertukar ilmu kepada sesama pengrajin purun.” pungkasnya.

Selain Kecamatan Haur Gading, masih ada beberapa Desa dan Kecamatan di Kabupaten HSU yang masyarakatnya berprofesi sebagai pengrajin anyaman purun ini.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: adiyat
Editor: wandi

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya