APBD Kotim minim, BLK Sampit berusaha dapatkan ‘suntikan’ APBN

  • Whatsapp
Kadisnakertrans Kotim, Drs HM Fuad Siddiq.(Ist)

Sampit, kalselpos.com-Bangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kotawaringinn Timur (Kotim) Sampit akan dibenahi dan direnovasi, termasuk program skill yang diberikan kepada peserta pelatihan harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan zaman.

Hal itu dikatakan Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans ) Kabupaten Kotawaringinn Timur (Kotim) Provinsi Kalteng, Drs HM. Fuad Siddiq MM, Sabtu (30/1) di Sampit.

Bacaan Lainnya

“Support anggaran dari APBD Kotim minim, bahkan pada pandemi Corona ini tidak didukung anggaran APBD,” ujarnya.

Namun demikian pihaknya akan berusaha dan berupaya mendapatkan suntikan APBN dan pihak swasta, sehingga dapat membuat program pelatihan keterampilan pencari kerja di BLK tersebut tetap berlangsung.

Sudah sekitar 800 orang yang mendapat pelatihan keterampilan secara gratis dari BLK Disnakertrans Kotim, “Mereka kami upayakan bukan hanya sebagai pencari kerja tapi juga akan menjadi pelaku wirausaha mandiri setelah mendapat pelatihan,” harapnya.

Sedangkan jenis pelatihan yang masih berjalan di BLK di Sampit seperti , menjahit, perbengkelan, tata rias kecantikan, serta pelatihan IT, dan keahlian baru sesuai tuntutan dan kebutuhan zaman.

Sementara itu, Gatot Setio Utomo, Kabid Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Pekerja Disnakertrans Kotim mengatakan, dia sering turun ke perusahaan besar sawit melihat kesejahteraan pekerja sudah sangat diperhatikan.

Selain gaji yang sesuai UMK Kotim juga fasilitas kediaman karyawan seperti mes dan angkutan kendaraan disediakan perusahaan-perusahaan tersebut.

“Sedangkan mengenai hubungan pekerja dan perusahaan setiap tahunnya juga ada, 90 persen diselesaikan mereka dengan baik tanpa harus ke pengadilan,” tukasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Ruslas AG
Editor: Bambang CE

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya