DLH Banjarmasin kerja ekstra atasi Sampah pasca Banjir

  • Whatsapp
Sampah pasca banjir terlihat meluber hingga memakan badan jalan hingga mengganggu arus lalulintas.

Banjarmasin, kalselpos.com – Pasca banjir yang terjadi terlihat beberapa titik Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kota Banjarmasin terjadi penumpukan sampah.

Seperti di TPS Jalan Veteran samping jembatan, Jalan Pramuka. Sampah pasca banjir terlihat meluber hingga memakan badan jalan dan mengganggu arus lalulintas.

Advertisements

Bacaan Lainnya

“Kondisi sampah yang menumpuk itu disebabkan karena banyaknya warga yang membuang secara bersamaan. Ditambah lagi dengan tumpukan sampah rumah tangga yang berhari-hari tidak dibuang karena kondisi banjir,” ujar Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Kota Banjarmasin, Marzuki, Kamis (28/1/2021).

Menurutnya, selama banjir di Kota Banjarmasin masyarakat tidak bisa membuang sampah di TPS masing-masing, sehingga mencari lokasi yang masih kering dan terjadilah tumpukan dilokasi itu.

“Khususnya TPS yang berada di lokasi terdampak banjir seperti kawasan Kecamatan Banjarmasin Timur dan Selatan, volume sampahan di TPS terjadi peningkatan sampai 70 ton dalam sehari,” ungkapnya.

Penumpukan sampah pasca banjir tersebut sudah berlangsung sejak tiga hari terakhir. Petugas kebersihan harus bekerja dengan ekstra.

“Kita siang malam selalu bekerja ekstra, dikeranakan warga tidak kenal lagi dengan jadwal jam pembuangan,” ungkapnya.

Marzuki yang sering disapa bang zack itu meimbau kepada masyarakat harus memilah sampah banjir atau sampah rumah tangga. “Jadi masyarakat harus membuang sampah rumah tangga lebih terdahulu, kalo sampah pasca banjir yang basah, perabotan dan segala macamnya harus dikumpulkan disutu tempat lokasi yang tertentu,” inginnya.

DLH Banjarmasin tetap bekerja semaksimal mungkin dan dibantu dengan alat berat Tempat penampungan Akhir (TPA) serta melemburkan 50 petugas kebersihan.

“Dari 50 petugas kebersihan yang lembur seperti supir pengangkut, yang harus disiagakan dan upah lembur diberikan dari rata – rata Rp50 hingga Rp100 ribu rupiah perhari,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya

Advertisements