Ribuan Hentare Lahan Pertanian ‎Dipastikan Gagal Panen ‎

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS, Muhammad Noor.(Sofan)

Kandangan,kalselpos.com– ‎Ribuan hektare lahan pertanian di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dipastikan gagal panen, akibat banjir yang terjadi pada 11 dan 14 Januari 2021 tadi.

“Akibat banjir yang terjadi tersebut sawah-sawah di enam kecamatan terendam banjir dan rusak,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS, Muhammad Noor, Rabu (27/1).

Bacaan Lainnya

‎Dikatakannya, sawah-sawah yang terdampak banjir tersebut berada di enam Kecamatan, yakni di Kecamatan Kandangan, Kecamatan Angkinang, Kecamatan Padang Batung, Kecamatan Kalumpang, Kecamatan Telaga Langsat dan Kecamatan Simpur.

Menurutnya, sawah sawah yang terendam banjir ini berumur kisaran 1 minggu hingga 1 bulan, dengan total lahan seluas 1.665 hektar semai dan tanam. “Dipastikan sawah-sawah yang terendam gagal panen, karena rusak akibat terendam banjir,” ujarnya.

Untuk meringankan kerugian petani dampak banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, kata dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS ‎mengusulkan bantuan kepada Pemerintah Pusat dan Dinas Pertanian Provinsi Kalsel juga akan mengusulkan bantuan kepada Kementerian Pertanian bagi petani yang terdampak banjir bisa mengganti tanaman yang fuso diganti.
“Semoga usulan yang kita sampaikan bisa terealisasi Pemerintah Pusat, untuk membantu kerugian petani yang fusu,” ujarnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:sopan
Editor:wandi

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya