Akibat Banjir, 6 kecamatan di Batola Tahun ini Terancam gagal Tanam.

  • Whatsapp
Kebun jeruk terancam mati akibat terendam banjir 6 kecamatan di Batola.(ibrahim)

Marabahan, kalselpos.com – Ternyata juga berdampak pada perkebunan jeruk, akibat musibah banjir yang melanda di 6 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Kuala (Batola) Kalimantan Selatan, seperti wilayah Kecamatan Alalak, Mandastana, Jejangkit, Cerbon, Rantau Badauh dan Belawang,

Tidak hanya itu dampak bencana banjir yang terjadi selama 2 pekan ini, juga berdampak pada lahan pertanian yang mana mengakibatkan anak padi lokal juga terendam dan mati, sehingga pada tahun ini tanam padi lokal juga terancam gagal tanam. Selain itu, tanaman padi unggul mengalami puso.

Bacaan Lainnya

Sugiarto salah satu petani di Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana mengutarakan dampak banjir yang ia rasakan, sebenarnya pada bulan Februari hingga Maret 2021 dijadwalkan tanam padi lokal akan dilakukan, namun dalam 2 pekan ini banjir masih merendam kebun jeruk yang mana tumpang sari dengan tanaman padi.

“Pastinya tanam padi lokal pada tahun ini tidak bisa dilakukan, terpaksa akan di sambung dengan tanam padi unggul,” ungkapnya, Rabu, (27/01/2021).

Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kabupaten Batola, Murniati menyampaikan, dari 17 wilayah kecamatan di Batola ada terdapat 16 wilayah kecamatan tanaman padi mengalami puso dan sebagian gagal tanam padi lokal.

“Kami akan segera melakukan pendataan, baik tanaman padi, jagung , kedelai dan jeruk. Kemudian akan dilaporkan ke pihak dinas terkait Provinsi Kalimantan Selatan guna mengajukan permohonan bantuan,”ujar Murniati.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : ibrahim
Editor : muliadi

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya