Kurang Koordinasi Sebabkan Bantuan Tak Sampai

Anggota Komisi I DPRD Kalsel, Gina Mariati.(Ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Sudah lebih dari sepekan hampir seluruh kabupaten/kota di Kalimantan (Kalsel) dihantam banjir besar sehingga sangat berdampak di seluruh sektor, terlebih masyarakat sudah dihadapkan kondisi pandemi Covid-19.

Namun demikian yang terpenting adalah kepada pemerintah daerah maupun instansi terkait bersama-sama untuk mencari akar masalah dan solusinya.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Banjir terbesar dalam sejarah ini mungkin saja tak sekedar cuaca ekstrim, akan tetapi pemeliharaan, penataan saluran sungai dan drainase tentu menjadi konsentrasi semua pemangku kebijakan seperti balai sungai, dinas pemukiman maupun tata kota serta dinas terkait lainnya.

“Semua instansi terkait harus mengevaluasi penyebab banjir ini untuk dicarikan solusinya, sehingga kedepan tak lagi terjadi banjir sehebat ini” ujar Anggota Komisi I DPRD Kalsel, Gina Mariati, kepada kalselpos.com, Senin, (25/1/2021).

Selain instansi atau dinas di SKPD pemerintah daerah, dia juga meminta kepada semua masyarakat maupun pelaku perusahaan yang bermukim di pinggiran sungai untuk taat aturan dan sama-sama menjaga lingkungan, sehingga terhindar dari potensi bencana serupa. Banjir ini sangat mengagetkan sebab semua pihak yang tidak pernah mengalaminya kali ini ikut merasakannya.

“Ini menjadi pelajaran kita, yang terpenting evaluasi dengan mencari solusinya,” tambah Anggota Komisi membidangi Hukum dan Pemerintahan ini

Selain itu ia juga menyoroti saat dirinya bersama rombongan turun menyalurkan bantuan ke titik-titik lokasi di Kabupaten Barito Kuala, ternyata masih banyak masyarakat yang berada di wilayah dalam yang tak terjamah bantuan. Padahal bantuan yang dikucurkan banyak sekali, namun karena kurangnya koordinasi di lapangan sehingga tidak sampai kepada korban banjir di ujung-ujung wilayah.

“Bantuan itu kan banyak sekali, tapi karena kurangnya koordinasi maka bantuan tidak sampai ke daerah dalam, akhirnya numpuk disatu posko tertentu saja,” ungkap politisi partai Nasdem ini

Karenanya diapun meminta agar dinas atau badan yang menangani bencana mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten harus melakukan koordinasi tinggi, sehingga bantuan yang begitu banyak dari dinas maupun donasi se Indonesia ini bisa tersalur tepat sasaran terutama di daerah jauh ke dalam.

“Fakta ini harus dijadikan pembelajaran, agar bantuan kemanusiaan ini bisa tepat sasaran,” tukasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Sidik
Editor: Bambang CE

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya

Advertisements