Dinas Perikanan Kotabaru kembali programkan Bantuan Mesin bagi Nelayan

Drs H Zainal Arifin MM

KOTABARU,kalselpos.com – Tahun 2021 ini Dinas Perikanan Kabupaten Kotabaru kembali menjalankan program pemberdayaan kepada para nelayan. Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu pemberian bantuan Mesin Ketinting kepada nelayan yang ada diwilayah Kotabaru.

Kepala Dinas Perikanan setempat Drs H Zainal Arifin MM, dijumpai Kalselpos, Selasa (26/1) tadi mengatakan, ini merupakan lanjutan dari program tahun 2020 yang lalu yang mana waktu itu program ini sudah dilakukan dan ada 236 alokasi mesin konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) kebetulan program ini dari pusat adalah program Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) bekerjasama dengan Kementerian Kelautan Perikanan Pusat dan kemarin sebarannya ada 6 kecamatan dan 16 desa yang mendapatkan bantuan mesin ketinting ini.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan evaluasi pelaksanaan dari persiapan dan pendistribusian di 2020 Alhamdullilah Kotabaru kemaren dinilai baik dan masuk zona hijau sehingga 2021 kita kembali memprogramkan kegiatan ini untuk kawan-kawan nelayan, seperti diketahui Kotabaru ini nelayan keseluruhan itu mecapai hampir tiga belas ribuan dan nelayan menggunakan kapal kecil dengan mesin ketinting atau mesin tempel yang berbahan bakar bensin ini yang menjadi prioritas yang diberikan oleh Kementrian dalam membantu konvresi BBM ke BBG, karena kalau secara operasional BBG itu lebih murah, lebih aman dan rata-rata hampir 1/5 dari pemakaian BBM dengan BBG lebih irit dan murah,” terang Zainal sapaan akrabnya.

Lebih jauh di ungkapkannya pula bahwa, mesin yang digunakan ini pokusnya di BBG (Bahan Bakar Gas) tapi kalau dalam keadaan darurat masih bisa menggunakan bahan bakar bensin karena ada konverternya yang bisa dirubah. Tentunya kalau nelayan lagi dilaut dalam berberapa hari BBG yang digunakan lebih dari 2 tabung maka terpaksa memakai bahan bakar bensin lagi.

“Bantuan yang diberikan berupa mesin, tabung sebanyak 2 buah, kas mesin dan rodanya serta konverternya keunggulan mesin ini suaranya lebih bagus mereknya pun Honda dan Yamaha dibandingkan mesin yang mereka gunakan sekarang,” jelasnya.

“Untuk tahun 2021 kita sudah diberi sinyal dari Kementrian akan diberikan kembali bantuan mesin sebanyak 500 buah namun dari data yang kita punya relatif dari hitungan kasar ada sebanyak 1300 yang masih menggunakan mesin luar (mesin ketinting) yang tersebar di 8 kecamatan yang ada di Kotabaru dan itu pun masih ada yang tidak terdata sehingga akan didata ulang kembali dan tahun ini data yang sudah masuk ada sebanyak 890 mudah-mudahan ini bisa tembus 1000 dan ini disetujui oleh Kementerian,” harapnya.

Persyaratan untuk mendapatkan bantuan ini hanya perseorangan dengan menyiapkan Kartu Kusuka, KTP setempat, punya kapal, punya mesin yang berbahan bakar bensin (mesin ketinting mesin luar) data ini diserahkan ke Dinas Perikana untuk diverifikasi.

“Semoga para nelayan dapat menyiapkan data-data yang diminta ini agar pihak Dinas Perikanan setempat dapat memasukan data-data tambahan yang akan mendapatkan bantuan yang diberikan oleh pihak Kementrian,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya

Pos terkait