Dewan ikut tuntaskan pembongkaran kios dan normalisasi Sungai Veteran

  • Whatsapp
Proses pembongkaran puing dan normalisasi Sungai Veteran terus dilakukan, menggunakan alat berat dan melibatkan pihak DPRD Banjarmasin, petugas gabungan hingga tokoh masyarakat.

Banjarmasin, kalselpos.com – Proses pembongkaran belasan unit kios pedagang di kawasan Pasar Kuripan dan Jalan Veteran Banjarmasin tampak masih menyisakan puing dan lapak yang menutupi arus sungai.
Hal ini tentu masih menjadi masalah dan hambatan dalam upaya penanggulangan genangan banjir di beberapa kawasan sekitar.


“Hari ini, kami bersama pihak pengusaha yang peduli untuk meminjamkan alat berat. Turun langsung ke lapangan, untuk melakukan pembongkaran sisa atau puing bangunan kios sekaligus memulai upaya normalisasi sungai,” ujar Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, HM Yamin, kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).
Menurutnya, langkah pembongkaran dan normalisasi aliran sungai Veteran tersebut nantinya akan dilakukan hingga membuka akses sungai sampai ke alur Sungai Martapura yang bermuara di kawasan Jalan Tempekong.
“Sehingga air yang masih tertahan dan masih menggenang di pemukiman sekitar, dapat berangsur surut dan mengalir dengan normal,” ungkapnya.
Senada, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali berharap, jika proses normalisasi sungai sudah selesai dilakukan. Maka pihak Pemko setempat dapat melakukan penataan kembali kawasan itu, memanfaatkan area lahan yang sudah terbuka untuk jalur hijau atau menjadikannya taman.
“Artinya lahan yang ada dapat digunakan sebagai taman dan lainnya. Mencegah munculnya kembali bangunan yang bisa menghambat arus sungai,” jelas Matnor Ali, disaat yang sama.
Untuk lebar alur sungai tersebut bebernya, diperkirakan sudah ada sekitar dua meter dengan kedalaman yang disesuaikan. “Yang jelas, kami ingin sungai ini kembali lancar dan tidak tertutupi sisa bangunan,” tegasnya.
Sementara, pada proses pembongkaran dan normalisasi itu, diikuti oleh Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Tugiatno, dan sejumlah anggota dewan lainnya. Dengan melibatkan petugas dari instansi terkait seperti Satpol PP, Dishub, petugas DLH dan tokoh masyarakat.

Bacaan Lainnya

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Aspihan Zain

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya