Situs Alam Roh Sungai Tabuk Ikut Terendam Banjir

  • Whatsapp
Monumen ALRI Divisi IV yang terendam banjir

Martapura, kalselpos.com– Musibah banjir di Kalimantan Selatan juga merendam kawasan cagar budaya,  Monumen Angkatan Laut Republik indonesia (ALRI) Divisi IV Pertahanan Kalimantan atau biasa disebut Situs Alam Roh .  Sementara itu, sebanyak 6 Kepala Keluarga (KK) mengungsi di museum sekitar kawasan tersebut .

Kawasan cagar budaya di Desa Paku Alam Kecamatan  Sungai Tabuk Kabupaten Banjar tersebut terendam banjir setinggi enam puluh sentimeter Minggu ( 25/01/2021)  . Monumen bersejarah ini dulunya adalah markas perjuangan rakyat Kalimantan Selatan melawan penjajah Belanda  dipimpin pahlawan nasional Brigjen H. Hasan Basry.

Bacaan Lainnya

Di kawasan ini juga terdapat museum berbentuk rumah adat Banjar bubungan tinggi, yang kini dijadikan lokasi pengungsi banjir.  Sedikitnya 6 KK yang mengungsi di museum tersebut. Menurut  Fajriansyah, pengelola museum ALRI  Divisi IV, tingginya bangunan museum aman dari genangan air . ” Kita juga dapat izin dari pemerintah setempat , kata Fajri.

Sementara salah satu pengungsi di museum Barlian mengatakan , ia tidak punya pilihan selain mengungsi ke museum. ” Sudah seminggu disini , belum bisa pulang karena masih banjir di rumah ” ujarnya.

Untuk diketahui, situs alam roh juga menjadi lokasi wisata di Kalimantan Selatan . Selain monumen dan museum , di kawasan ini juga terdapat hutan yang menjadi lokasi perang grilya Brigjen H. Hasan Basry.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor    : Reno

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya