Semangat Petani harus Dibangkitkan

Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman bersama ibu-ibu petani di Desa Waki Kecamatan Batu Benawa.(Anas Aliando)

Barabai, kalselpos.com – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Syamsir Rahman turun langsung ke lapangan menemui petani yang sawahnya rusak akibat terjangan banjir bandang, Sabtu (23/1/2021).

Salah satu lokasi yang dikunjungi, desa Waki Kecamatan Batu Benawa. Di desa ini hampir 90 persen rumah rusak akibat sapuan banjir bandang.

Advertisements

Bacaan Lainnya

“Sawah kami rusak semua, punya saya ada 8 borongan, tanaman padi yang saya tanam satu setengah bulan lalu juga habis disapu banjir,” ujar Rahmadi, warga RT 1 Desa Waki kepada Syamsir Rahman.

Syamsir dengan serius menyimak apa yang disampaikan Rahmadi. Dengan mata berkaca-kaca, Syamsir berupaya membangkitkan semangat Rahmadi.

“Ini musibah, tentu kita dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura tidak tinggal diam. Kami berusaha membantu para petani yang terdampak banjir. Selain memberikan bantuan sembako, kami juga bantu petani benih gratis dari Kementerian Pertanian agar bisa menanam lagi,” ujar Syamsir.

Rahmadi pun merasa senang dengan bantuan yang diberikan. “Terima kasih atas bantuan yang diberikan, ini sangat membantu kami para petani,” ujar Rahmadi.

Syamsir juga berusaha menghibur masyarakat dengan mengajak bercanda. Guyonan segar dibuncahkan Syamsir.

“Kalo kasurnya terendam, ibu-ibu tidurnya dimana,” tanya Syamsir kepada ibu-ibu yang sedang duduk-duduk di bangku panjang di halaman rumah.

“Ya tidur di lantai, tilam masih basah kada bisa dipakai,” celetuk ibu Masriah, warga RT 2 Desa Waki.

“Nah kalo tidur dilantai bagaimana kalo abahnya handak,” ucap Syamsir diiringi tawa lepas ibu-ibu di kaki pegunungan Meratus itu.

Syamsir berharap dengan adanya canda tawa seperti itu, secara perlahan rasa duka dan trauma bisa hilang.

“Ini tugas kita semua, selain sibuk memberikan bantuan, kita juga harus bangkitkan kembali semangat mereka,” cetusnya.

Sebelum ke Desa Waki, Syamsir Rahman  terlebih dahulu menyerahkan bantuan sembako dari Kementerian Pertanian ke Kabupaten Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Balangan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya

Advertisements