Polda Kalsel akan terapkan Tilang Elektronik bagi Pelanggar Lalu Lintas

  • Whatsapp
Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, AKBP Maesa Soergiwo SIK ketika memberikan keterangan pers.(Ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) akan segera menerapkan E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau tilang
elektronik yang akan dilaksanakan di beberapa titik di Kota Banjarmasin sebagai percobaan sebelum nantinya diterapkan secara massal di kabupaten/kota.

“Program ini bagian dari upaya mengurangi penilangan secara langsung di jalan terhadap pelanggar Lalu Lintas,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, AKBP Maesa Soergiwo SIK kepada kalselpos.com di sela-sela kunjungannya di ruang kerja Ketua DPRD Kalsel, Supian HK, Kamis (21/01/2021).

Advertisements

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya dengan menggunakan program ini bagi para pelanggar akan langsung terakomodir masuk diserver Ditlantas Polda Kalsel yang terpantau melalui CCTV.

“Kami berharap pemberlakuan sanksi E – TLE ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas berlaku 24 jam,” ucapnya.

Ketika pengendara itu dinyatakan melanggar paparnya, kepolisian bisa mencek nomor kendaraan atau mobil para pelanggar lalu lintas yang datanya sudah tercover di CCTV dan selanjutnya akan memberikan surat tilang langsung ke rumah pelanggar tadi. Sehingga sistemnya tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat di jalan juga untuk mengurangi pungutan liar dan sebagainya.

“Seluruh pelanggaran lalu lintas akan terekam tilang elektronik seperti pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman (safety belt),” tambahnya

Maesa mengharapkan penerapan ini bisa efektif guna mengurangi transaksional di masyarakat yang marak terjadi di tengah-tengah masyarakat. Pemberlakuan sebenarnya telah dilakukan di pemerintahan pusat sepeti Polda Metro Jaya DKI Jakarta yang telah memasang CCTV di ratusan titik di jalan yang terhubung dengan server Ditlantas.

Kemudian, Ketua DPRD Kalsel, Supian HK mengapresiasi dan mendukung penuh program Ditlantas Polda Kalsel yang berkaitan dengan upaya memudahkan pelayanan bagi pengguna jalan, meningkatkan kesadaran dalam berlalu lintas agar resiko kecelakaan bisa di minimalisir

“Insyaallah ini akan dicoba di beberapa titik di Kota Banjarmasin,” tandasnya

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Sidik
Editor: Bambang CE

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya

Advertisements