Dampak Banjir, Sebagian Infrastruktur Rusak

  • Whatsapp
LONGSOR- Akibat banjir jalan ruas Gunung Batu - Iyam Desa Iyam Kecamatan Tebing Tinggi mengalami longsoran. ( Kurnadi)

Paringin, kalselpos.com– Bencana alam berupa banjir menimpah hampir seluruh Provinsi Kabupaten – Kota di Indonesia ,tidak terkecuali Provinsi Kalimantan Selatan diantaranya Kabupaten Tanah laut, Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Banjir besar kali ini telah menghancurkan rumah – rumah penduduk ,merusak jalan dan jembatan ,bahkan ada yang sampai memakan korban meninggal dunia.

Bacaan Lainnya

Sementara itu di Kabupaten Kabupaten Balangan sejumlah infrastruktur seperti jalan dan jembatan baik menghubungkan dari kecamatan menuju desa dan jalan provinsi pun terkena dampak dari benca banjir kali ini.

Rina Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Balangan.mengatakan, banjir menyebabkan sejumlah infrastruktur mengalami kerusakan seperti yang terjadi di Desa Tabuan- Desa Uren Kecamatan Halong dimana terjadi jalan longsor sepanjang 100 meter.

Ditambahkannya, selian itu di Desa Kapul Halong aspal jalan juga terkelupas untuk poros jalan Halong – Gunung Riyut sepanjang 50 Meter.

Selain itu juga jembatan gantung Halong di RT.01 jga memerlukan perbaikan dimana untuk pembuatan jembatan gantung diperlukan anggaran Rp.700 juta.

Ditambahkannya, sednagkan di Kecamatan Tebing Tinggi juga terjadi longsor tepatnya di Desa Ajung.

Selain itu jembatan di Desa Auh juga perlu perbaikan dengan pembuatan Box Culvere dengan biaya Rp.200 juta rupiah.

“Untuk Kecamatan Juai ada di Desa Ninian diperlukan pembuatan Box Culver ukuran 6X 25 M,jalan Paringin- Halong sama di Desa Lok Batung dengan pembuatan Box Culver dengan ukuran 3,6 X3 Meter untuk menghambat kalau nantinya terjadi banjir,’paparnya.

Lebih lanjut Rina menambahkan kerena ini diakibatkan bencana maka pos kegiatan dan anggaran biaya nantinya hasil monitoring data maupun perencanaan anggaran berada di pos Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Balangan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:kurnadi
Editor:wandi

Kebijakan Redaksi kalselpos.com
Redaksi berhak menghapus dan atau menutup komentar yang dinilai tidak etis.
Penulis Komentar tidak etis bertanggung jawab penuh atas akibat hukum yang ditimbulkannya