Gubernur Kalsel Sambangi korban banjir di Kabupaten Banjar

  • Whatsapp
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor ikut menurunkan kebutuhan pokok dari mobil untuk dibagikan kepada masyarakat yang terdampak banjir.(ist)

Banjarbaru, kalselpos.com – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor kembali melakukan aksi nyata di tengah banjir yang memporak porandakan beberapa kabupaten/kota di banua.

Kali ini ia menyambangi korban banjir di berbagai wilayah Kabupaten Banjar mulai perkotaan Martapura, Kecamatan Karang Intan hingga tempat pengungsian korban banjir di rumah Supian HK Ketua DPRD Kalsel di Jl. Pemajatan Kecamatan Gambut.

Bacaan Lainnya

Aksinya dilakukan usai salat Isya, Sabtu (16/01/2021) hingga siang Minggu (17/1/2021) tadi.

Paman Birin datang menyerahkan berbagai bantuan makanan. Ia juga menyemangati warga agar tabah dalam menghadapi musibah banjir ini.

Bahkan Gubernur juga ikut berbaur dengan warga mempersiapkan pendirian dapur umum di berbagai kampung yang disambanginya. “Untuk membantu masyarakat korban agar tak lapar perlu kiranya ada dapur umum yang banyak di berbagai lokasi banjir,” kata Paman Birin.

Untuk membantu masyarakat korban banjir, secara spontan Paman Birin menyinggahi ke berbagai warung tradisional yang ia lewati. Ia belanja dan bahkan memborong makanan dan kebutuhan pokok dasar  yang ada di warung tersebut yang kemudian langsung dibagikan kepada masyarakat setempat.

Pertimbangan gubernur membeli beragam kebutuhan dasar di warung tradisional milik masyarakat adalah untuk mengurangi dampak ekonomi dari pelaku usaha kecil menengah di sekitar kawasan terdampak banjir.

“Biasakanlah membeli di warung tradisional untuk membantu ekonomi rakyat kecil, apalagi di musim banjir kali ini perlu gerakan ekonomi memulihkan perekonomian dengan belanja di warung tradisional atau minimal warung tetangga,” ujar Paman Birin.

Paman Birin saat ini terus memantau kondisi banjir untuk memastikan jangan timbul korban lagi dan semua warga bisa dievakuasi. Semua unsur pemprov sudah diperintahkan untuk bergerak dan berusaha semaksimal mungkin bisa membantu warga yang terdampak.

“Bagi warga yang belum tersentuh bantuan ulun mohon maaf kalau ulun secara pribadi belum bisa mendatangi pian. Tapi semua unsur dan jajaran pemprov sudah ulun arahkan untuk terus memantau dan memonitor warga yang perlu bantuan,” kata Paman Birin.

Musibah banjir ini adalah tanggung jawab bersama seluruh pemerintah daerah dan unsur terkait serta masyarakat secara keseluruhan.

Sementara saat sidak di BPBD Kalsel, Paman Birin perintahkan agar seluruh jajaran BPBD Kalsel siaga penuh untuk membantu korban banjir baik bantuan tanggap darurat makanan maupun melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir. “Jaga bergantian, jadi BPBD Kalsel siaga penuh 24 Jam,” kata Paman Birin yang saat itu berbincang bersama Plt Kepala BPBD Kalsel Mujiat beserta jajarannya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Pos terkait