Tanbu tetap waspada meski masuk Kategori Intensitas Hujan Rendah

  • Whatsapp
Prakiraan cuaca oleh GMKG (Ilustrasi/Istimewa)

Batulicin, kalselpos.com– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (GMKG) memprediksi wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 15-18 Januari 2021. Kalsel berpotensi dilanda hujan dengan intensitas rendah hingga tinggi dalam 3 hari kedepan.

Tentunya prospek 3 hari kedepan, hampir seluruh wilayah Kalsel masih berpotensi hujan rendah hingga lebat, kata Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Syamsudin Noor Banjarmasin pada Kamis (14/1) dilangsir oleh CNN Indonesia.com

Advertisements

Bacaan Lainnya

Adapun wilayah yang perlu diwaspadai lantaran diperkirakan akan diguyur hujan tinggi diantaranya Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala,Tapin, dan Hulu Sungai Selatan.

Kendati Kabupaten Tanah Bumbu masuk dalam kategori intensitas rendah, BPBD Tanbu melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Abdul Rahim ST MM kepada kalselpos.com, Sabtu (16/1) SD sore pihaknya menyampaikan himbau kepada masyarakat Tanbu agar tetap berhati-hati dan waspada, “Khususnya masyarakat kita yang berada di bantaran sungai,” tuturnya.

Terkait dengan menghadapi Lanina, ia menjelaskan pihaknya sudah menindaklanjuti dengan persiapan peralatan bencana, dan membuat surat edaran keseluruh camat, agar melaporkan kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada di wilayahnya masing-masing.

Kemudian, Kapolres Tanbu, AKBP. Himawan Sutanto Saragih SH SIK ST juga menyampaikan himbauan, sekiranya masyarakat tetap berhati-hati dan tetap tenang.

“Kewaspadaan itu perlu, namun kita juga harus tetap tenang. Mengingat situasi saat ini kita juga masih dalam pandemi Covid-19. Untuk itu tetap tenang dan tetap di rumah saja dan jaga selalu keamanan lingkungan setempat baik dari kriminalitas ataupun hal-hal lainnya yang kurang baik,” pesan Kapolres.

Hal senada disampaikan Dandim 1022/TNB Letkol.Cpm. Rahmat Trianto M.Si M.tr (Han) ia mengajak untuk bersama-sama ikut serta peduli pada situasi saat ini. “Sehingga jika terjadi hal-hal yg tidak dinginkan dalam hal ini bencana banjir bisa selalu siap dan waspada,” ucapnya.

Menurutnya, kewaspadaan bukan hanya untuk mengungsi saja namun seperti halnya waspada terhadap penyebaran Covid-19 manakala terjadi pengungsian ada kerumunan dan lainnya.

“Untuk itu kami himbau kepada masyarkat, agar menjaga diri dan tetap di rumah. sementara waktu untuk tidak bepergian ke arah Banjarmasin atau sebaliknya,” tukasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE

Advertisements