Warga Kotabaru diimbau Waspada curah Hujan Tinggi

Puncak musim hujan di bulan Juni 2021 mendatang, masyarakat Kabupaten Kotabaru diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati.

KOTABARU, kalselpos.com – Memasuki puncak musim hujan di bulan Juni 2021 mendatang, masyarakat Kabupaten Kotabaru diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati.

Kepala kantor BMKG Kotabaru melalui Kapoksi Stasiun Meteorologi Bandara Gt. Syamsir Alam Kotabaru, Khairul Zulkipli mengatakan melalui pesan whatsapp, Jumat (15/01/2021), peningkatan intensitas hujan yang sekarang belakangan terjadi dipicu oleh kondisi dinamika atmosfer di wilayah Kalimantan Selatan yang labil.

Bacaan Lainnya

Lanjutnya, adanya pergerakan suplai uap air dari Pasifik Timur ke Pasifik Barat (La Nina) serta suhu muka laut yang lebih hangat dari normalnya, mengakibatkan aktivitas potensi pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Selain itu kata Khairul, terdapatnya pusaran angin tertutup (Eddy) disekitar Kalimantan mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan angin di wilayah Laut Jawa hingga Kalimantan bagian Selatan dan Timur.

Ia menghimbau kepada masyarakat Kotabaru untuk tetap waspada dan selalu mengikuti informasi terbaru dari kantor BMKG terdekat.

“Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin, untuk tetap update informasi melalui media sosial infoBMKG atau langsung menghubungi kantor BMKG terdekat,” ujar Khairul mengakhiri.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ardiansyah
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait