Pemprov Kalsel beri bantuan korban banjir di Bati-Bati dan Kurau

  • Whatsapp
Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel, Zulfa Asma Fikra meninjau korban banjir di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut.(Ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir baru kali ini sejumlah kawasan mengalami banjir yang cukup parah disejumlah wilayah seperti Kabupaten Banjar dan Tanah Laut (Tala).

Debit airnya melebihi ketinggian dari tahun-tahun sebelumnya sehingga mengharuskan evakuasi warga oleh tim penanggulangan bencana ke tempat yang lebih aman seperti dipengungsian sementara yang telah disiapkan Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten Kota.

Bacaan Lainnya

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel, Zulfa Asma Fikra mengaku prihatin atas kondisi yang dialami masyarakat saat ini khususnya korban banjir, di tengah pandemi Covid-19 ditambah sistuasi perekonomian yang sulit tentu ini menjadi ujian berat.

“Semoga banjir ini cepat berlalu sehingga warga bisa kembali beraktifitas normal seperti biasa,” ujar Zulfa kepada kalselpos.com disela-sela mengunjungi korban banjir di Kecamatan Bati bati dan Kurau Kabupaten Tala didampingi Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel, Senin (11/01/2021).

Zulfa mengajak seluruh lapisan masyarakat yang memiliki kelebihan rezeki untuk bisa bahu membahu membantu mereka yang tengah diuji dengan kebanjiran pemukiman, saat ini kebutuhan dasar sangat diperlukan baik makanan, obat-obatan, tempat tinggal yang layak sementara difokuskan di pengungsian posko-posko. Sebab bukan saja tempat tinggal yang terendam tentu lahan pertanian sawah dan perkebunan juga tergenang air sehingga masyarakat tidak bisa beraktifitas seperti biasanya.

“Apa yang bisa kita bantu tentu sangat dirasakan para korban, karena uluran tangan semua pihak sangat diharapkan guna meringankan beban mereka,” harapnya.

Sementara itu Kepala Seksi Penanggulangan Bencana Dinsos Provinsi Kalsel, Ahmadi mengungkapkan, pemprov fokus melakukan penanggulangan korban banjir di Bati-Bati dan Kurau dengan menyiapkan tenda posko pengungsian dan memberikan bantuan makanan siap saji sebanyak 2000 paket dan 3 kali makan dalam satu hari.

“Kebutuhan dasar ini diutamakan agar fisik dan kesehatan para korban banjir ini tetap terjaga,” sebut Ahmadi.

Lanjut Ahmadi, beberapa waktu lalu Wakil Bupati Tala, Abdi Rahman telah mengintruksikan jajarannya agar bisa bekerja melayani para korban banjir dengan menyiapkan segala kebutuhan mereka selama di pengungsian.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Sidik
Editor: Bambang CE

Pos terkait