Kemendagri keluarkan Kode Wilayah Pemekaran 2 Kecamatan di Tanbu

  • Whatsapp
Kadri Mandar, Kabag Tapem Pemkab Tanbu.(kristiawan)

Batulicin, kalselpos.com – Proses pemekaran dua kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akhirnya direalisasikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Proses pemekaran dua kecamatan dari induk Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan Kusan Hulu, yakni Kecamatan Kusan Tengah (pemekaran Kusan Hilir) dan Kecamatan Teluk Kepayang (pemekaran Kusan Hulu).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya Pemkab Tanbu telah mengeluarkan Perda No.5 Tahun 2020 tentang pemekaran kedua kecamatan tersebut dan diterima oleh Kemendagri melalui gubernur Kalsel.

Hal itu diterangkan oleh Kadri Mandar selaku Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Tanbu kepada kalselpos.com (12/01/2021) siang.

Kemudian pihak Kemendagri melalui Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan menindaklanjuti dengan mengeluarkan kode wilayah kedua kecamatan tersebut, untuk Kecamatan Kusan Tengah 63.10.11 dan Kecamatan Teluk Kepayang 63.10.12.

Untuk langkah selanjutnya jelas Kadri Mandar Pemkab Tanbu melalui Sekretaris Daerah tinggal mempersiapkan Kantor Kecamatan dan sumber daya manusianya dalam pengelolaan adminitrasi di pemekaran kecamatan tersebut.

Terpisah, Ketua DPRD Tanbu H. Supiansyah ZA mengatakan kepada kalselpos.com pada hari Senin (11/01/2021) kemarin, ia mengharapkan agar pihak Pemkab Tanbu segera mempersiapkan kebutuhan pelaksanaan pemekaran dua kecamatan itu.

Seperti halnya pembangunan kantor kecamatan dan sumber daya manusianya. Mulai dari Camat, Sekcam, dan struktur di bawahnya.

H. Supiansyah ZA, Ketua DPRD Tanbu.(kristiawan)

Supiansyah menjelaskan bahwasanya pos anggaran untuk kebutuhan tersebut sudah ada di dalam APBD tahun 2021.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE