Bupati HSS Pantau Perekrutan Tenaga Samping Desa

  • Whatsapp
Bupati HSS Achmad Fikry, meninjau Tes Perekrutan Tenaga Samping Desa.(Kominfo)‎

Kandangan, kalselpos.com-Proses kegiatan tes perekrutan Sarjana Pendamping Desa Sejahtera (Samping Desa) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dilanjutkan Selasa (12/1/2021) di SMP Negeri 3 Kandangan.

Bupati HSS, Achmad Fikry yang memantau kegiatan tersebut menegaskan, dirinya ingin memastikan perekrutan Samping Desa telah mematuhi protokol kesehatan Covid -19 agar tidak timbul klaster baru .  Ia juga berharap tenaga Samping Desa yang lulus nanti adalah orang-orang terbaik,yang bisa  membantu Pemerintah Daerah  melaksanakan program pembangunan di HSS.

Bacaan Lainnya

Sementara itu Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah menjelaskan, perekrutan Samping Desa dilakukan karena pada tahun 2020 lalu lima orang mengundurkan diri sebab dinyatakan lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan menjadi anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
“Sesuai ketentuan untuk mengisi Samping Desa yang mengundurkan ini, harus melalui tes seleksi,” ujarnya.

‎Dijelaskan Nordiansyah, perekrutan Samping Desa sudah berlangsung beberapa hari lalu  diikuti 315 peserta .
Selanjutnya tes wawancara  dilakukan  pada 14 Januari 2021. “Tes wawancara nanti hanya diikuti 30 orang dari hasil tes tertulis ,” ujarnya.
Sementara hasil tes  diumumkan pada 28 Januari 2021 diambil 5 peserta yang dinyatakan lulus.

Tenaga Samping Desa adalah program yang dibuat Pemkab HSS sejak tahun 2014 lalu . Selanjutnya sarjana pendamping desa  ditempatkan di desa-desa yang ada di seluruh kecamatan. Tugasnya melakukan pendampingan peningkatkan ekonomi produktif masyarakat yang menjadi sasaran program. Insentif yang diberikan kepada tenaga Samping Desa diambil dari APDB HSS.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor    : Reno