500 Unit Rumah Sejahtera di HSS dibangun tahun ini ‎

  • Whatsapp
‎Pemerintah Kabupaten HSS terima penghargaan pembangunan rumah sejahtera, diserahkan oleh Kemenpan RB kepada Dinas Sosial.(Kominfo)

KANDANGAN, kalselpos.com– Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Sosial setempat tahun 2021 ini kembali melaksanakan pembangunan Program Rumah Sejahtera atau rumah layak huni.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSS, Nordiansyah, Senin (11/1/2021) menjelaskan, sebanyak 500 rumah sejahtera akan dibangun di 11 Kecamatan di HSS .

Pembangunan rumah layak huni melalui Program Rumah Sejahtera menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni.
“Total dana keseluruhan pembangunan rumah sejahtera sebesar hampir Rp. 7 M “,ujar Nordiansyah.

Bacaan Lainnya

‎Bagi warga atau keluarga yang mendapatkan program rumah sejahtera, diberikan dan bantuan sebesar Rp 13.908.000 yang meliput  pembelian bahan bangunan, upah tukang, konsumsi gotong royong sampai pembuatan WC.

Dijelaskannya, kriteria penerima program rumah sejahtera antara lain  kepala keluarga/anggota keluarga tidak mempunyai sumber mata pencaharian atau mempunyai mata pencaharian tetapi tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok yang layak bagi kemanusiaan.

‎Selain itu, tidak memiliki aset lain apabila dijual tidak cukup untuk membiayai kebutuhan hidup anggota keluarga selama tiga bulan kecuali tanah dan rumah yang ditempati.

Memiliki rumah di atas tanah milik sendiri yang dibuktikan dengan sertifikat atau girik atau ada surat keterangan kepemilikan dari kelurahan/desa atas status tanah, atau tanah pinjaman (minimal 5 tahun) yang dikuatkan surat pernyataan dari pemilik.

Program rumah sejahtera bagi warga miskin atau kurang mampu untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang berpenghasilan rendah, supaya dapat hidup lebih sehat dan sejahtera.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis    : Sofan
Editor       : Reno