BPN Banjarmasin capai target Sertifikasi tanah 2020

Kepala Kantor BPN Kota Banjarmasin, Drs Fredy Marfin, M.Si saat ditemui kalselpos.com di ruang kerjanya.(mul)

Banjarmasin, kalselpos.com– Sebuah tantangan bagi Kepala Kantor Pertanahan Banjarmasin Drs Fredy Marfin, M.Si. Pasalnya target tahun 2021 untuk Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di wilayah Kota Banjarmasin berjumlah 3050 bidang sertifikat dan 17 ribu peta bidang pada tahun anggaran sampai bulan Desember 2021.

“Semoga bisa kita selesaikan dengan tuntas pada bulan Juni 2021,” kata Kepala Kantor BPN Banjarmasin ini dengan raut wajah penuh optimis kepada kalselpos.com saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis (7/1/2021).

Bacaan Lainnya

Disampaikannya, di tahun 2020 berhasil terselesaikan sebelum waktu target sebanyak 3525 bidang di bulan Juni.

Berkaca pada pengalaman, sambung Fredy, ditahun 2020 kooperatif masyarakat dan koordinasi yang baik dengan BPN, baik ditingkat RT sampai pada kelurahan semua berjalan dengan lancar.

“Semoga di tahun 2021 ini bisa kita maksimalkan lagi kinerja kami, sehingga kedepannya untuk Kota yang berjuluk Seribu Sungai ini pada khususnya, apabila sudah terdaftar sertifikatnya bisa menjadi kelurahan lengkap dan kota lengkap,” imbuhnya.

Maka menurut pria kelahiran Bandung itu, pada tujuan akhirnya Kota Banjarmasin menjadi data yang yang tergitalisasi, sehingga menjadi ikon dari Kalimantan Selatan (Kalsel), karena Banjarmasin merupakan Ibu Kota Provinsi Kalsel.

Dia beranggapan, Ibu Kotanya provinsi tidak boleh datanya tidak akurat terpetakan, sehingga secara keseluruhan bisa didaftarkan secara online.

Lebih lanjut, pria ramah namun tegas itu menyampaikan, terkait aset Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin alhamdulilah atas kerjasama yang harmonis dengan kepemimpinan Wali Kota Ibnu Sina berapapun jumlah yang telah diajukan Pemko semuanya telah tuntas dengan lancar.

“Kami akan merencanakan kembali MoU dengan Pemko diawal tahun ini, agar target -targetnya jelas. Pasalnya di tahun 2021 ini yang harus kita selesaikan untuk penyertifikatan sekitar 250 bidang tanah,”ungkapnya.

Kemudian, untuk penyertigikatan tanah masyarakat yang harus diselesaikan di tahun 2021 berjumlah 3050 bidang, pastinya harapan kita selesai dan terpetakan semuanya.

Menurut Fredy, paling prinsif itu adalah terpetakan, supaya tidak ada tumpang tindih, semuanya atas kepemilikan hak tanah, kendati dulunya ada yang tidak sempurna, maka kita sempurnakan dan jika ada permasalahan kita mediasi.

“Semoga tahun 2021 ini seluruh target pemerintah yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo sekian juta sertifikat, dan khusus untuk Kota Banjarmasin, baik instansi pemerintahan, masyarakat, maupun swasta semuanya terpetakan,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliadi
Editor : Muliadi

Pos terkait