Bapenda Kotabaru kerjasama BPN laksanakan Sistem Integrasi BPHTB

Penandatanganan kerjasama oleh Sekda Kabupaten Kotabaru, H Said Akhmad dengan Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional, Kadi Mulyono.

Kotabaru, kalselpos.com– Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kotabaru melaksanakan Launching Sistem integrasi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) bersama kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kotabaru, di aula Badan Pendapatan Daerah, Senin (28/12/2020).


Bupati Kotabaru dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekda Kabupaten Kotabaru H Said Akhmad mengatakan, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh yang hadir.
“Bea perolehan hak atas tanah dan bangunan merupakan komponen dari pajak daerah yang mempunyai peran strategis, lantaran wajib pajak nya terdiri dari semua lapisan masyarakat,” ujar Sekdakab H Said Akhmad, saat membacakan sambutan Bupati.
Sistem yang dilakukan itu, sebagai upaya strategis pemerintah daerah dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dan untuk menindaklanjuti kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru yang ditandatangani pada tanggal 30 Juli 2019.
“Serta merupakan tindaklanjut dari rencana aksi koordinator unit kordinasi dan supervisi bidang pencegahan (KORSUPGAH) KPK RI tahun 2019 dan hasil video conference kepala Bapenda se Kalimantan Selatan dengan Tim satgas KPK koordinator wilayah VIII dan Kantor Badan Pertanahan Nasional Kalimantan Selatan,” ungkapnya.
“Maka Pemerintah Kabupaten Kotabaru mengembangkan aplikasi host to host yang bertujuan untuk mengintegrasikan data BPHTB dengan data pertanahan yang ada di badan pertanahan nasional. Ini dalam rangka optimalisasi pajak daerah terkait BPHTB dan memudahkan validasi data saat pembayaran BPHTB,” sebutnya.
Hal ini jelasnya, akan berimplikasi pada peningkatan penerimaan pendataan asli daerah dalam sektor BPHTB dan lebih memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena lebih cepat, efektif, efisien dan transparan.
Oleh karena itu, tambah Said, kedepan diharapkan notaris atau pejabat akta tanah dan seluruh intansi terkait bersama-sama bersinergi dan berkontribusi dengan baik dalam pengunaan aplikasi BPHTB secara elektronik ini sehingga terwujud pelayanan yang cepat mudah dan sederhana bagi optimalisasi pendataan daerah.
Pada acara tersebut dihadiri Sekda kab kotabaru Drs H Said Akhmad, Kepala kantor pertanahan Kadi Mulyono, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kotabaru H Hairul Aswandi SE MSi serta tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ardiansyah
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait