Pemkab Tanbu ikuti Rakor bersama Kemendagri

H Riduan, Plt Asisten Administrasi Umum mewakili Pemkab Tanbu mengikuti Rakor bersama Kemendagri secara virtual.(Ist)

Batulicin,kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Evaluasi Penyerapan APBD Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara virtual.

Pemkab Tanbu diwakili oleh Plt Asisten Administrasi Umum H Riduan melalui ruang Digital Live Room Kantor Bupati Tanbu, Rabu (16/12).

Bacaan Lainnya

Dalam pemaparannya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Muhammad Hudori menjelaskan tentang
Permendagri No. 20 Tahun 2020 terkait Bidang Kesehatan.

Seperti halnya pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), serta sarana dan peralatan layanan kepada masyarakat. Hal ini berhubungan dengan penanganan pasien Covid-19.

Kemudian penyediaan Jaring Pengaman Sosial,
Pemberian santunan sosial kepada masyarakat miskin/kurang mampu yang mengalami penurunan daya beli akibat adanya pandemi Covid-19.

Lalu penanganan dampak ekonomi, pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta koperasi dalam rangka memulihkan dan menstimulasi kegiatan perekonomian di daerah.

Dalam Keputusan Bersama pihak Mendagri dan Menkeu, termaktub dalam Nomor 119/2813/SJ dan Nomor 117/KMK.07/2020, isinya meminta KDH melakukan penyesuaian belanja daerah.

Hal ini dilakukan supaya, KDH melakukan pengutamaan terkait dengan penggunaan anggaran dan metode pelaksanaan kegiatan anggaran selama Pandemi.

Sementara untuk penyesuaian target pendapatan daerah dan rasionalisasi belanja daerah dengan melakukan perubahan Perkada APBD dengan pemberitahuan kepada DPRD.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE

Pos terkait