Rapat Pleno KPU HSU : H2D Unggul dari BirinMu

Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan tahun 2020 yang digelar oleh KPU Kabupaten HSU (ist)

Amuntai, kalselpos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan tahun 2020, Selasa (15/12/2020).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan hasil hitung suara Pilgub Kalsel di Kabupaten HSU, pasangan calon nomor urut 2 Denny Indrayana – Difriadi Darjat (H2D) unggul dengan perolehan 48.439 suara sah atau 55,7 %. Sedangkan pasangan nomor urut 1 H Sahbirin Noor-H Muhidin (BirinMu) memperoleh 38.488 suara sah atau 44,3 %.

Total suara sah di Kabupaten HSU berjumlah 86.927 suara yang tersebar di 507 TPS di 214 desa, 4 kelurahan dan 10 kecamatan, dari jumlah DPT sebanyak 161.506, DPPh 150 dan DPTb sebanyak 163.

Ketua KPU HSU Rina Mei Saputri mengatakan, bersyukur proses pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, hingga rapat pleno rekapitulasi di kecamatan telah berlangsung lancar.

“Kegiatan pleno di kecamatan se Kabupaten HSU kemarin berjalan dengan lancar, tidak ada sanggahan dari pihak Bawaslu dan kedua perwakilan pasangan calon,” ucapnya disena rapat pleno tersebut di Aula BPKAD Kabupaten HSU.

Rina juga menyampaikan, terima kasih kepada pihak Polres HSU dan Kodim 1001 Amuntai yang telah mengawal dan Backup dari awal hingga akhir proses pemilu di Kabupaten HSU.

Sementara itu, jumlah partisipasi pada Pemilihan di tahun 2020 ini menurun dari tahun sebelumnya.

“Benar ada penurunan dari tahun kemarin. Partisipasi masyarakat hanya 57,94%. Kemungkinan disebabkan karena wabah Covid-19,” ujarnya.

Sementara iti, Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.H yang yang berhadir bersama unsur Forkopimda lain menyatakan, bahwa rapat pleno oleh KPU saat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Operasi Mantap Praja (OMP) Intan Pilgub Kalsel Tahun 2020, yang mana dalam hal pengamanan oleh Polres dan Polsek jajaran serta pelibatan Kodim 1001/Amuntai dengan jumlah total semua 140 personil.

“Rekapitulasi hasil perhitungan suara Pilgub/Wagub Kalsel tahun 2020 kita dukung agar berjalan lancar, aman dan kondusif serta sehat saat pandemi covid-19 ini,” tutur Kapolres.

Kapolres menghimbau masyarakat dan simpatisan, para saksi kedua paslon agar sama-sama mendukung suksesnya Pilgub Kalsel ini, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Adiyat
Editor : Zakiri

Pos terkait