Pleno KPU Tanah Bumbu, Zairullah-Rusli Dipastikan Menang

Ketua KPU Tanbu (dua dari kiri) saat pelaksanaan Rapat Pleno rekapitulasi hasil Pilkada Tanah Bumbu tahun 2020.(Ist)

Batulicin, kalselpos.com – Kominsi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu telah menggelar Rapat Pleno terkait rekapitulasi hasil Pilkada serentak 2020, pada hari Senin (14/12/2020) malam di salah satu hotel di Batulicin.

Perserta yang hadir pada Rapat Pleno rekapitulasi hasil Pilkada Tanah Bumbu tahun 2020.(Ist)

Pada rapat yang digelar KPU tersebut telah menunjukkan perolehan pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati nomor urut 3. dr HM. Zairullah Azhar – M. Rusli SSos dengan perolehan suara 104.234 suara.

Bacaan Lainnya

Disusul oleh Paslon nomor urut 1. Syafruddin H Maming – M. Alpiya Rakhman meraih 72.710 suara dan pasangan nomor urut 2. Mila Karmila SE MH – Zainal Arifin meraih 4.205 suara.

Melihat perolehan suara tersebut dipastikan pasangan dr HM. Zairullah Azhar – M. Rusli SSos menjadi pemenang Pilkada Kabupaten Tanah Bumbu 2020.

Dengan rincian total suara sah berjumlah 181.149 suara, yang tersebar di 651 TPS se-Kabupaten Tanah Bumbu. Suara sah yang masuk berjumlah sebanyak 181.149 dan suara tidak sah sebanyak 4.964 dengan total keseluruhan suara sah dan tidak sah sebanyak 186.113.

Pasangan dr HM. Zairullah Azhar – M. Rusli SSos unggul di 9 kecamatan yakni, Simpang Empat, Kusan Hilir, Angsana, Sungai Loban, Satui, Karang Bintang, Mantewe, Kuranji. Sementara pesaingnya Syafruddin H Maming – M. Alpiya unggul di 1 kecamatan yaitu Kecamatan Batulicin.

Ketua KPU Kabupaten Tanah Bumbu Makhruri mengatakan proses pelaksanaan pleno rekapitulasi berlangsung lancar.

Keputusan hasil pleno ini tertuang dalam surat keputusan KPU Nomor 157/PL.02.6-BA/6310/KPU-KAB/XII/2020 tentang Berita Acara dan Sertifikat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dari setiap kecamatan di Tingkat Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 yang dibacakan Makhruri dalam rapat pleno terbuka ini.

“Alhamdulillah pelaksanaan pleno berlangsung secara baik dan lancar,” katanya.

Makhruri mengatakan, bahwa tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu dalam Pilkada tahun ini sebesar 84 persen.

“Berarti sisanya yakni 16 persen masyarakat yang tidak hadir ke TPS dan tidak menggunakan hak suaranya atau Golput,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Makhruri menyampaikan bahwa justru tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu tergolong tinggi dibandingkan dengan Kabupaten lain di Provinsi Kalimantan Selatan.

Oleh karena itu ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak dan stakeholder terkait yang telah bekerjasama dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Apresiasi dan terima kasih yang tak terhingga kepada para pelaku insan pers yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu yang telah menjadi penyambung lidah alat komunikasi kepada masyarakat, dengan peran dari rekan-rekan kegiatan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman,” kata Makhruri.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE

Pos terkait