Danrem Imbau Masyarakat untuk Menjaga Kedamaian Pasca Pilkada

Danrem 101 Antasari, Brigjen TNI Firmansyah.(dik)

Banjarmasin, kalselpos.com – Pasca pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember lalu di Kalimantan Selatan (Kalsel) diharapkan suasana aman, sejuk dan damai agar bisa terus terjaga. Pendewasaan diri dalam menyikapi perbedaan adalah hal biasa, namun demikian pola pengamanan dalam bentuk antisipasi terus dilakukan dengan berkoordinasi seluruh komponen pemangku kepentingan.

“Kami selalu siap dalam pengamanan sampai berakhirnya Pilkada, walau nantinya ada kemungkinan di beberapa daerah yang berpotensi menimbulkan sengketa,” ungkap Komandan Komando Resort Militer (Korem) Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Firmansyah setelah melakukan koordinasi dengan Ketua DPRD Kalsel, Dr H Supian HK SH MH, 14/12/20.

Bacaan Lainnya

Disampaikannya, pihaknya terus melakukan berbagai upaya antisipasi pengamanan di tengah proses perhitungan suara meski sejauh ini Kalsel cukup kondusif, namun kita jangan sampai lengah dengan tetap monitoring secara terus-menerus hingga sampai pelantikan Februari tahun 2021.

Dalam perhelatan baik Pemilu maupun Pilkada ini ada hak setiap pasangan calon (Paslon) apabila tidak puas untuk mensengketakannya, yang dikhawatirkan adalah bukan sengketanya, tetapi apabila ada relawan atau tim sukses yang kemudian mengerahkan massa.

“Massa-massa inikan biasanya demonya di DPRD Kalsel, oleh karena itu kita sudah koordinasikan dan mewaspadai supaya jangan sampai ada penambahan Covid-19.” harap pria murah senyum ini.

Hal ini dinilai sangat penting sebab Kalsel sudah diingatkan Kepala BNPB, Dony Munardo, bahwa tingkat kenaikan Covid-19 nya cukup tinggi, jadi setiap minggu atau malam Senin kita selalu dievaluasi oleh Satgas Pusat tentang perkembangan masing-masing daerah.

Intinya bagaimana mengantisipasi kalau ada lonjakan Covid-19 pasca Pilkada ini yang harus diwaspadai semua pihak, terutama masalah Pilkada dengan tidak bisa menampilkan adanya kerumunan, walaupun sudah dibatasi.

“Saya himbau, yang pertama, Pilkada sudah selesai maka mari kita kembali guyub atau bersatu dengan damai, dimana yang tadinya dari rivalitas antara kita, itu sudah selesai karena kita sudah melaksanakan hak untuk memilih,” imbau Firmansyah.

Disampaikannya, kepada tim pemenangan, relawan maupun simpatisan serta segenap elemen masyarakat agar bersama-sama menunggu hasil rekapitulasi KPU, hindari gesekan, pengerahan massa guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik Alponso
Editor : Muliadi

Pos terkait