Surat Suara Sudah Tercoblos, TPS 08 Desa Pembatanan Ulang Pencoblosan

Petugas memperlihatkan surat suara yang sudah tercoblos (ist)

Martapura,kalselpos.com – Gara-gara surat suara dicoblos lebih dulu Pemungutan Suara Ulang (PSU) terpaksa digelar di TPS 08 desa Pembatanan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar Minggu (13/12).

“Benar, besok akan dilakukan PSU. Dan sudah ada rekomendasi dari Bawaslu,” ujar Ketua KPU Kabupaten Banjar, Muhaimin dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (12/12).

Bacaan Lainnya

Muhaimin juga memastikan, pemungutan suara ulang untuk memilih kembali pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan serta paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjar.

Terpisah, komisioner Bawaslu Kabupaten Banjar, M. Syahrial Fitri mengatakan, PSU besok dilakukan sesuai dengan rekomendasi pengawasan Kecamatan (Panwascam) Sungai Tabuk Kepada panitia pemilihan Kecamatan (PPK) Sungai Tabuk.

“Rekomendasi juga telah disampaikan kepada pihak KPU Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Menurutnya, rekomendasi tentunya dikeluarkan setelah Panwascam meneliti dan memeriksa temuan 16 lembar surat suara yang sudah dicoblos. Hasilnya, kata dia, memenuhi unsur untuk dilaksanakannya PSU.

“Dalam rapat pleno perihal masalah yang ada di TPS 08 Desa Pembantanan disimpulkan, bahwa peristiwa itu telah memenuhi unsur untuk dilaksanakannya PSU,” jelas Syahrial.

Perihal 16 lembar surat suara yang dicoblos lebih dulu itu, Syahrial menyebut ada dugaan pencoblosan dilakukan oleh ketua KPPS di TPS 08 Desa Pembantanan, Sungai Tabuk.

“Sudah kita tindaklanjuti dengan meminta klarifikasi pihak-pihak terkait. Untuk proses selanjutnya kami akan membahas di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu),” tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, 16 surat suara yang tercoblos lebih dulu berjumlah 8, yakni untuk pilgub Kaslel paslon nomor urut 01 dan 8 surat suara lainnya, untuk pilbup paslon 03.

Dugaan kecurangan itu diketahui dari saksi paslon lain di TPS 08 tersebut. Saksi itu kemudian melaporkannya kepada pengawas.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Hafidz
Editor : Zakiri

Pos terkait