Genjot Jumlah Pelancong, Disporapar HSU Gelar Pentas Seni di Candi Agung

Pagelaran seni budaya banjar yang dilakukan di situs cagar budaya candi Agung Amuntai

Amuntai, kalselpos.com – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan pagelaran pentas seni dan budaya di situs cagar budaya Candi Agung, Amuntai, Minggu (06/12/2020).

Bacaan Lainnya

 

Di masa Pandemi saat ini, pihak penyelenggara tetap mengutamakan protokol kesehatan sebagai syarat dasar dari UPTD Candi Agung, yang merupakan instansi pengelola situs wisata religi Candi Agung.

Dimana setiap pengunjung menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 kepada setiap pengunjung, yaitu dengan mengukur suhu badan pengunjung, menggunakan masker, menjaga jarak serta menyediakan dan menganjurkan pengunjung untuk mencuci tangan pakai sabun, sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 di kawasan wisata.

Kadisporapar Drs. Fajeri Rifani, M.Si mengatakan, pelestarian nilai-nilai seni dan budaya banjar di Kabupaten HSU dirasa perlu dilakukan.

“Hari ini kita melaksanakan pentas seni dan budaya, untuk melestarikan kegiatan seni dan budaya serta memfasilitasi para seniman HSU untuk menampilkan karya-karyanya,” ungkapnya disela pagelaran seni tersebut

Selain itu, tujuan lain dari pentas seni itu juga bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan untuk datang ke kawasan wisata Religi Candi Agung dengan nyaman sesuai Sapta Pesona.

Ia membeberkan, Pemerintah Daerah juga telah membenahi beberapa tempat khususnya untuk para pedagang. Rencana akan dibangun panggung di kawasan Candi Agung agar kegiatan seni dapat dilakukan di setiap Sabtu dan Minggu.

“Selama kegiatan berlangsung, dengan hanya membayar tiket 5000 per orang, para wisatawan selain mengunjungi wisata religi candi agung, juga menikmati suguhan lagu-lagu musik panting, tarian, madihin dan opera banjar dan juga makanan khas Amuntai yang diberikan gratis,” imbuhnya.

Kegiatan seni dari Sabtu dan Minggu atau 5 dan 6 Desember 2020 ini diisi oleh Yayasan Sanggar Air HSU, dengan menampilkan suguhan musik panting, tarian, madihin dan opera banjar dengan lakon Kasih Galuh Sari yang sudah tampil dalam ragam budaya banjar di Balairung Sari Taman Budaya Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Adiyat
Editor: Zakiri

Pos terkait