Pemuda Islam Kalsel ajak masyarakat jaga kedamaian

H Muhammad Hasan, Ketua DPD Pemuda Islam Kalsel.(Anas Aliando)

Banjarbaru, kalselpos.com – Tokoh masyarakat Banua yang juga Ketua DPD Pemuda Islam Kalsel, H Muhammad Hasan menghimbau semua elemen masyarakat agar menjaga keamanan, ketertiban, dan kedamaian menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Himbaun ini disampikannya menyusul berbagai dinamika yang terjadi pada masa-masa kampanye beberapa waktu belakangan.

Bacaan Lainnya

Pria yang kesohor dengan gelar “si raja demo” itu mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif menjaga situasi yang aman, tertib dan kondusif menjelang hingga pasca pilkada.

“Saya ajak masyarakat untuk tetap menjaga kondisi aman dan damai. Tidak usah saling fitnah dan saling hujat antar sesama calon,” ujarnya kepada kalselpos.com, usai menyampaikan himbauan pilkada damai kepada masyarakat kota Banjarbaru dan sekitarnya, Kamis (3/12/2020).

Menurutnya, pasangan calon baik gubernur, bupati dan walikota yang kelak terpilih merupakan pilihan masyarakat sesuai hati nurani.

“Sehingga berbagai fitnah, isu berbau SARA, penyebaran berita hoaks yang tidak bertanggung jawab hanya menimbulkan keretakan dalam hidup bersosial dan bermasyarakat,” cetusnya.

Mantan Ketua KNPI dua periode  itu juga mengajak seluruh tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan segenap masyarakat di Kalimantan Selatan agar selalu menyampaikan pesan-pesan yang menyejukkan dalam masa suksesi pilkada serta menggunakan hak pilih pada hari pencoblosan 9 Desember mendatang.

“Suara kita sekalian menentukan masa depan Banua. Maka gunakan hak pilih di 9 Desember nanti sesuai hati nurani masing-masing,” kata pria yang getol menyuarakan aspirasi masyarakat bawah itu.

Sementara itu, untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, Hasan mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung aparat keamanan baik itu Polisi dan TNI dalam menjalankan tugas-tugas pengamanan, pengayoman, dan perlindungan terhadap masyarakat, terkhusus pada masa-masa pelaksanaan Pilkada serentak.

“Mari bersinergi dengan aparat kepolisian untuk menciptakan situasi yang aman, damai dan kondusif bagi semua orang,” kata sosok yang terkenal tegas itu.

Hasan juga meminta kepada masing-masing pasangan calon dan pendukungnya tetap menjaga keamanan dan ketertiban saat Pilkada berlangsung.

“Karena hanya dalam keadaaan amanlah kita bisa memilih pemimpin kita secara baik, untuk masa depan pembangunan Kalsel  umumnya dan masing-masing kabupaten kota penyelenggara pada khususnya,” ungkapnya.

Hasan juga tidak lupa meminta masyarakat menggunakan hak pilih dengan sebaiknya-baiknya berdasarkan hati nurani terhadap pasangan calon yang berlaga di Pilkada. Juga kepada pasangan calon, agar selalu memberikan pembelajaran politik yang baik kepada masyarakat.

Hasan juga meminta kepada semua pihak agar berpolitik yang sopan sesuai budaya yang ada di Banua yaitu  santun dan beradab, serta menghindari sifat-sifat adu domba apalagi mengarah kepada fitnah antar sesama pasangan calon.

“Apapun perbedaan kita, persatuan dan kesatuan antar sesama kita harus tetap dijaga, dan pasangan calon juga harus berjiwa besar menerima setiap hasil pemilu nantinya, jangan bacakut papadaan,” cetusnya.

Hasan  juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu memperhatikan protokol kesehatan. Selalu mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker, baik bagi pasangan calon maupun masyarakat umum, sehingga bisa mencegah penularan Covid-19.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Pos terkait