Tingkatkan Pelayanan, Bakeuda Akan revisi Perda Pajak Daerah Banjarmasin

  • Whatsapp
Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin, Subhan Nor Yaumil (Fudail)

Banjarmasin, kalselpos.com– Pemerintah (Pemko) kota Banjarmasin dalam waktu dekat akan menggabung sembilan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pajak Daerah, guna memudahkan dan meningkatkan pelayanan administrasi pajak daerah Kota Banjarmasin.

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin, Subhan Nor Yaumil mengatakan bahwa Pemko Banjarmasin sudah berinisiatif untuk melakukan revisi Perda pajak daerah Kota Banjarmasin.

Advertisements

Bacaan Lainnya

“Perda pajak kota Banjarmasin ini sudah 11 tahun ini sudah berlaku,” ujar Subhan Nor Yaumil, Senin (30/11/2020) Kepada wartawan.

Ia menjelaskan, pajak daerah merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang penting guna membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan kemasyarakatan di daerah.

“Sembilan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pajak Daerah, guna memudahkan dan meningkatkan pelayanan administrasi pajak daerah Kota Banjarmasin,” ungkapnya

Perda yang direvisi tersebut seperti yang berkaitan denganPajak Daerah yang diatur dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang baru diantaranya, Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Sarang Burung Walet, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak BEA Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan, Pajak Parkir dan Pajak Penerangan Jalan.

Menurutnya, sejauh ini Bakeuda Banjarmasin sudah membuat draftnya, dan selesai dibahas di internal.

Selanjutnya disampaikan ke Kemenkumham Kalsel untuk disesuaikan dengan regulasi di atasnya.

Ia menjelaskan, dalam kebijakan ini Pemko Banjarmasin sudah dapat diterapkan mulai tahun depan, setelah nantinya disahkan oleh DPRD Kota Banjarmasin.

“Desember ini targetnya sudah bisa dibahas oleh pansus,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri

Advertisements