Potensi Alam dan Kerajinan Lokal jadi penunjang Destinasi Wisata

Khairian Ansari

Kotabaru, kalselpos.com – Kabupaten Kotabaru dengan julukan Bumi Saijaan mempunyai banyak potensi wisata, mulai dari wisata alam yang meliputi wilayah pesisir yang luas, hutan dan juga wisata religius yang mana merupakan salah satu di Provinsi Kalimantan Selatan yang banyak mempunyai tempat wisata hal ini patut disyukuri dan harus dikembangkan agar dapat menarik wisatawan baik dari Kotabaru sendiri maupun dari luar wilayah kotabaru agar dapat berkunjung untuk menikmati keindahan panorama alam yang ada di sini.


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru Khairian Ansari, Jumat (27/11) kemarin mengatakan, potensi yang ada di wilayah Kabupaten Kotabaru sangat beragam diantaranya potensi alam yang masih Asri (Aman, Sehat, Rapi dan Indah) serta banyak kerajinan-kerajinan tangan yang dibuat oleh warga lokal setempat.

Bacaan Lainnya

“Kita memiliki potensi alam yang masih asri dan para pengrajin lokal yang ada semua ini akan menjadi potensi yang terus kita kembangkan,” ucap pria karib disapa Riyan ini.

Lebih jauh diutarakannya, pengembangan potensi wisata bukan hanya isapan jempol ini semua demi keseriusan masyarakat untuk menjadikan sebagai salah satu lokasi destinasi wisata yang sangat serius, hal tersebut dibuktikan pihaknya dalam mengelola potensi yang ada.

“Keseriusan tersebut dilihat dari kegiatan warga masyarakat setempat dalam bergotong-royong secara swadaya untuk dapat menyiapkan fasilitas penunjang untuk mencari perhatian pengunjung. diantaranya, mempercantik dan memfungsikan wisata yang ada di tempat mereka,” ungkapnya.

“Dari segi keindahan alam tentunya tidak kalah dari tempat-tempat lain di Indonesia dan masih banyak ditempat kita ini  yang masih asri keindahannya. Kotabaru mempunyai hamparan pantai yang luas dan air laut yang membiru yang terbentang di sepanjang pinggiran pantai sehingga sangat potensial sekali untuk dijadikan tempat wisata begitu juga dengan gunung-gunung yang ada seperti Gunung Mamake dan Bukit Meranti,” tambahnya.

“Tentunya ini jadi harapan kita bersama kedepannya nanti ada perhatian khusus dari pemerintah dan instansi yang terkait dalam pengembangan wisata yang ada di Kabupaten Kotabaru agar dapat lebih baik lagi serta perlunya promosi maupun pengembangan-pengembangan selanjutnya,” jelasnya.

“Kita tentunya juga mengetahui di Bumi Saijaan Kotabaru ini ada beragam budaya yaitu budaya Dayak, Banjar, Bugis dan Jawa dan ini semua juga perlu perhatian dari seluruh stakeholder yang ada untuk pengembangan wisata yang ada,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait