55 Nelayan Banjarmasin Dapat Bantuan Mesin Tanpa BBM

DKP3 Kota Banjarmasin memberikan bantuan mesin berbahan bakar gas pada 55 nelayan (Fudail)

Banjarmasin,kalselpos.com – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin berikan bantuan kepada 55 orang nelayan kota seribu sungai berupa mesin dan paket konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Bantuan yang diserahkan langsung Plt Walikota Banjarmasin, Hermansyah itu ditujukan kepada para penangkap ikan atau nelayan yang ada di Kota Banjarmasin, di Pendopo kantor DKP3, Selasa (24/ 11/2020).

Bacaan Lainnya

Salah satu penerima bantuan, Fahrani mengaku, paket konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) itu berupa mesin yang berfungsi dengan bahan bakar gas.

“Dengan bantuan ini alhamdulillah jarak kami mencari ikan bisa jauh lagi, dan bisa mendapatkan ikan lebih banyak,” ujar Fahrani, kepada wartawan.

Sebelum ini, ia mengaku memiliki mesin yang sudah tidak layak lagi, karena itu ia merasa ada kekhawatiran saat jalan jauh untuk mencari ikan

“Namun ada nya bantuan DKP3 ini bisa lebih semangat lagi,” tukasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas DKP3 Banjarmasin, Yuliansyah mengatakan bantuan mendistribusikan paket konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) merupakan program yang berasal dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM dan Komisi VII DPR RI.

“Ini dalam rangka konversi mesin kelotok yang berbahan bakar minyak menjadi gas (Elpiji). Agar tidak terfokus pada bahan bakar fosil,” terangnya.

Ia menjelaskan , jika dihitung secara ekonomis, penggunaan BBG bisa mengefisiensi biaya sekitar 30% – 50% dibanding saat pembelian BBM jenis bensin.

Meskipun sebenarnya, para nelayan yang ada tidak berlayar sampai ke laut lepas, melainkan hanya di sekitaran sungai-sungai di kota Banjarmasin dan Kabupaten tetangga.

“Kalau yang sampai ke laut lepas itu biasanya kapal-kapal besar. Tapi disini hanya perahu-perahu kecil bermesin dengan tangkapan udang dan ikan-ikan jenis sungai,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri