South Borneo Tourism Festival bangkitkan Wisata di Kalsel

  • Whatsapp
M. Syarifuddin, Kadis Pariwisata Provinsi Kalsel.(Anas Aliando)

Banjarmasin, kalselpos.com– Dampak pandemi Covid-19 benar – benar memukul semua sektor, tidak terkecuali pariwisata.

Pelaku usaha merasakan sekali dampak tersebut khususnya pada saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Satu even besar yaitu Tour De Loksado pun dibatalkan gelarannya pada tahun ini.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), M Syarifuddin kepada wartawan usai menghadiri pembukaan South Borneo Tourism Festival tahun 2020 bertempat di salah satu hotel ternama di Kota Banjarmasin, Minggu (22/11/2020).

“Sejak era adaptasi kebiasaan baru, berbagai lokasi wisata di Kalsel mulai dibuka tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ujar Syarifuddin.

Ajang South Borneo Tourism Festival ini, beber Penjabat Sementara Bupati Kotabaru itu adalah untuk mempersiapkan sektor pariwisata di era adaptasi kebiasaan baru. “Pemprov dalam hal ini mendorong agar membangkitkan lagi wisata di Kalsel, namun terkait perizinan ada di kabupaten/kota,” cetusnya.

Disampaikannya, dalam kegiatan South Borneo Tourism Festival tahun 2020 ini digelar Lomba Fashion Show, Lomba Videografi Wisata serta Lomba Minuman Sehat untuk meningkatkan imun tubuh. Lomba diikuti peserta dari Kabupaten/Kota se Kalsel.

Sementara itu, Plt Gubernur Kalsel Rudy Resnawan diwakili Asisten I Ekobang Syaiful Azhari mengapresiasi kegiatan festival untuk membangkitkan lagi objek wisata di Kalsel. “Kalsel punya potensi besar menarik wisatawan sebanyaknya dari luar apabila berbagai wisata baik pantai, gunung maupun wisata sungai dapat dimaksimalkan pengelolaan dan promosinya,” kata Syaiful.

Oleh karena itu Plt Gubernur Kalsel berharap Dinas Pariwisata dan seluruh pemangku kepentingan dapat bersinergi dengan baik untuk meningkatkan infrastruktur pendukung objek wisata serta mempromosikannya di berbagai ruang informasi yang tersedia. “Jangan pasif dalam menyampaikan promosi, selain itu dukung dengan perbaikan infrastruktur kepariwisataan serta terapkan Sapta Pesona Wisata di Masyarakat,” harap Rudy Resnawan dalam sambutan tertulisnya.

Hadir juga dalam festival, perwakilan asosiasi pelaku usaha wisata yang ada di Kalsel.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE