Tanam Ratusan Bibit Pohon Hijaukan untuk Hijaukan Objek Wisata HST

Penanaman ratusan pohon yang dilakukan oleh Kodim 1002 Barabai bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan HST bersama Polisi dan anak-anak Pramuka (ist)

Barabai, kalselpos.com – Kawasan wisata di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) ditanami berbagai jenis bibit pohon. Hal ini, dilakukan guna melestarikan Bumi Indonesia khususnya wilayah Kabupaten HST demi masa depan generasi masa depan penerus bangsa.

Bacaan Lainnya

Penanaman tersebut digelar oleh Kodim 1002 Barabai bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan HST, dibantu bersama Polis dan anak-anak Pramuka di obyek wisata Riam Bajandik dan Pulau Mas, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Sabtu (21/11/2020).

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun awak media, total pohon yang ditanam sebanyak 350 batang bibit pohon yang akan ditanam pada dua lokasi wisata yang sudah mulai dikenal oleh khalayak umum tersebut.

Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Muh Ishak H.Baharuddin melalui Plh Pasiter Kapten Inf Moh Alip Suroso mengatakan, kegiatan pembinaan lingkungan hidup ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan gerakan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, serta mengurangi dampak pemanasan global.

“Ada berbagai jenis bibit pohon yang ditanam, mulai dari jenis pohon Sengon sebanyak 60 batang, Trembesi 50, Cempedak 200 dan Mahoni 40,” ucapnya pada awak media.

Menurutnya, hal tersebut tentu saja bertujuan untuk melestarikan lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

“Kita wujudkan kepedulian TNI dan kesungguhan untuk ikut serta bersama-sama pemerintah berperan aktif dalam mewujudkan kehidupan yang adil dan makmur bagi rakyat Indonesia, tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan sesuai dengan program pembangunan berkelanjutan dengan konsep pembangunan berwawasan lingkungan, ” paprnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten HST, Muhammad Yani melalui Kabidnya Rahmatullah menyampaikan, apa yang dilaksanakan oleh TNI sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kegiatan penanaman pohon yang digagas oleh Kodim 1002 Barabai.

Ia menuturkan, wisata alam Riam Bajandik ini memanfaatkan limpahan air sungai dari pegunungan Meratus. Sehingga TNI juga bersama masyarakat menyayangi pegunungan meratus sebagai sumber air dan sumber kehidupan.

Yani mengaku bahwa pihaknya hanya dapat memfasilitasi kegiatan penanaman pohon dengan menyediakan bibit diantaranya, bibit buah-buahan seperti Cempedak dan pohon Sengon, Kemiri, serta ada tanaman Ketapang Kencana.

“Bibit pohon buah-buahan itu ditanam di lahan parkir, sehingga lokasi wisata alam semakin cantik serta dapat meningkat sektor ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (ayt)

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Adiyat
Editor: Zakiri

Pos terkait