KPU Balangan Laksanakan Kegiatan Sirekap

  • Whatsapp
SIMULASI-Salah seorang pemilih mencuci tangan sesuai protokol kesehatan Covid-19, kegiatan ini merupakan simulasi dalam mengjadapi pelaksanaan pencoblosan dimasa pendemi Covid-19.( Kurnadi)

Paringin,kalselpos.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balangan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan sistem informasi rekapitulasi elektronik (sirekap) yang merupakan metode baru dalam pelaksanaan Pilkada 2020 ditengah pandemi covid-19.

Pelaksanaan Simulasi Sirekap dilangsungkan Sabtu ( 21/11) di halaman Kantor Bupati Balangan.

Bacaan Lainnya

Kegiatannya sendiri dibuka oleh Ketua KPU Balangan,Saripani,dihadiri Assisten 3 Setda Balangan Hj.Hasmiati Anggota KPU Provinsi,Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten Balangan ,PPK, PPS Balangan dan PPK HST dan Tabalong dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini Assisten 3 Setda Balangan Hj.Hasmiati,menyampaikan terimakasih dan apreasiasi yang tinggi atas dilaksanakannya simulasi Sirekap dalam rangka pelaksanaan Pemilu kada serentak 2020di Kabupaten Balangan.

Sementara itu Ketua KPU Balangan ,Saripani,mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Balangan yang telah menganggarkan dana tersendiri untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

“Kami juga sampaikan penghargaan dan terimakasih kepada TNI- POLRI yang telah melakukan pengawalan setiap kegiatan kami.tak lupa juga untuk Bawaslu yang selalu aktif mengawasi rangkaian kegiatan KPU Balangan dan semua pihak yang terlibat didalamnya dan kita selalu melaksanakan sesuai protokol kesehatan covid-19,”paparnya.

Hendri Anggota KPU Balangan bidang Devisi teknis penyelenggara sebagai pengarah kepada petugas simulasi Sirekap menyampaikan proses tata cara melakukan pencoblosan nanti.

Secara teratur disampaikan tahapannya yang dimulai para pemilih sebelum memasuki area pemilihan harus mencuci tangan, memakai masker,mendapatkan sarung tangan,membawa pulpen sendiri untuk mengisi daftar hadir serta membawa surat panggilan untuk disampaikan ke panitia.

Kemudian pemikih menunggu giliran,pentugas memberikan surat suara untuk pemilihan Gubernur- ,Wakil Gubernur,Bupati – Wakil untuk melakukan penyeblosan dan kemudian melepas sarung tangan.

“Tahapan berikutnya petugas meneteskan tinta ke jari tangan pemilih dan pemilih mencuci tangan 20 detik dan selesai tata cara penyeblosan,’ pungkas Hendri.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:kurnadi
Editor:wandi