Dapat Laporan Keberadaan Orangutan, Tim Gabungan Lakukan Survei

  • Whatsapp
Orangutan (Ist)

Amuntai, kalselpos.com – Tim gabungan langsung terjun kelapangan saat mendapat laporan warga terkait adanya keberadaan satwa dilindungi berupa Orangutan di wilayah Desa Kayakah, Kecamatan Haur Gading l, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan.

Tim Gabungan melakukan survei (Ist)

Tim yang berisikan anggota Dinas Kehutanan Kalsel dan Dinas Lingkungan Hidup Kalsel serta BKSDA Kalsel itu melakukan survei orangutan di sekitar kawasan danau yang ada di Desa tersebut, Kamis (19/11/2020)

Bacaan Lainnya

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media dari salah satu anggota tim tersebut, kegiatan ini kegiatannya ini dilakukan selama dua hari, mulai dari 18-19 November 2020.

“Hasilnya di Hutan Wilayah HSU, kami menemukan puluhan sarang,” ucapnya pada awak media.

Karena itulah, ia menambahkan tim bergerak melakukan survei agar bisa mendapatkan data terkini menyangkut keberadaan Orangutan tersebut.

“Sehingga nantinya kami bisa untuk mengambil langkah selanjutnya terkait keberadaan orang utan tersebut,” sambungnya.

Kendati dari survei dan inventrisiasi yang dilakukan ini ternyata tidak menjumpai adanya orangutan di lokasi yang dimaksud.

“Namun mereka (Tim Gabungan) menemukan sejumlah sarang atau rumah yang dijadikan tempat orangutan bernaung dan tidur,” bebernya.

Kendati demikian, ia menyebut bahwa saat ini pihaknya masih belum ditemukan hewan yang , namun hanya dijumpai beberapa sarang atau rumah Orangutan.

“Selama dua hari ini kami belum menjumpai langsung orangutan namun ditemukan sejumlah rumah atau sarang orangutan, ya sekitar 10 sarang,” sebutnya.

Menurutnya, keberadaan sarang Orangutan tersebut cenderung berdekatan dengan pohon asam kuang, karet, kariwaya atau beringin, yang merupakan sumber makanan orangutan.

Ia menerangkan, dengan temuan itu selanjutnya akan diadakan sosialisasi dengan masyarakat sekitar untuk menjaga kelestariannya, termasuk larangan untuk berburu Orangutan.

Selain di wilayah Kabupaten HSU, tim gabungan juga melakukan survei di wilayah Banua Lawas Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor :Zakiri