Wartawan Ekonomi harus mempunyai kemampuan di Bidang Digital

  • Whatsapp
BI Perwakilan Kalsel saat menggelar pelatihan bagi wartawan ekonomi di Kalsel.(Anas Aliando)

Banjarmasin, kalselpos.com – Puluhan wartawan ekonomi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti kegiatan refreshment berupa pelatihan yang diadakan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalsel bertempat di salah satu hotel ternama di Banjarmasin, Kamis (19/11/2020).

Amanlison Sembiring, Kepala BI Perwakilan Kalsel mengatakan, pelatihan kali ini membahas tentang jurnalisme digital, “Kami juga memperkenalkan kepada wartawan ekonomi tentang sistem pembayaran digital dan pengembangan UMKM di Kalsel,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Amanlison berharap, pelatihan dapat memberikan  tambahan wawasan kepada wartawan ekonomi Kalimantan Selatan khususnya di bidang teknologi,” bebernya.

Dalam pelatihan kali ini, BI Perwakilan Kalsel menghadirkan secara virtual narasumber utama, Muhammad Nuh yang merupakan Ketua Dewan Pers.

Nuh mengharapkan, wartawan spesialis ekonomi hendaknya memahami prinsip dasar dan berkemampuan membaca serta memaknai data yang disuguhkan kepada masyarakat.

“Seperti pertumbuhan ekonomi, gini rasio, inflasi, deflasi dan lainnya,” ucap pria kelahiran Kota Surabaya itu.

Nuh juga menginginkan kepada para wartawan ekonomi agar lebih mengedepankan optimisme publik, agar dapat meningkatkan kembali kepercayaan diri masyarakat yang saat ini masih dalam kondisi belum stabil akibat pandemi Covid-19.

“Tentunya di era teknologi saat ini, wartawan juga harus mempunyai kemampuan di bidang digital. Menjadi jurnalis masa depan yang bisa merubah possible menjadi possible,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE