Tingkatkan Kualitas, Pemkab HST Gelar Pelatihan Para Pelaku Pariwisata

Pelatihan Tata Kelola Pariwisata bagi pelaku Usaha Pariwisata oleh Pemkab HST

Barabai, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) baru-baru tadi menggelar Pelatihan Tata Kelola Pariwisata bagi pelaku Usaha Pariwisata di Kabupaten HST.

Bacaan Lainnya

Melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten HST, para pelaku usaha menjalani pelatihan yang bertempat di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI) sejak tanggal 18 – 20 November 2020.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten HST, M Fakhrurazi menjelaskan, pentingnya pelaksanaan pelatihan tata Kelola Pariwisata ini bertujuan untuk peningkatan kualitas pengelola destinasi wisata.

“Selain itu, guna peningkatan kapasitas masyarakat pelaku usaha pariwisata untuk mewujudkan sapta pesona di destinasi wisata, serta membangun paradigma baru pengembangan dunia pariwisata di Kabupaten HST,” ucapnya pada awak media.

Menurutnya, hal ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009, tentang Tujuan Pembangunan Kepariwisataan, yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, memajukan kebudayaan, dan mengangkat Citra Bangsa.

“Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta dari perwakilan pengelola destinasi wisata di Kab HST, diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 18 s.d 20 November 2020,” paparnya.

Menanggapi hal itu, Bupati HST H A Chairansyah yang membuka pelatihan tersebut mengutarakan, bahwa pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ia menilai, upaya tersebut bisa meningkatkan apresiasi terhadap budaya daerah, menjalin persahabatan antar bangsa maupun individu yang lebih baik secara nasional maupun global.

“Sektor pariwisata bukanlah sektor yang berdiri sendiri tetapi merupakan industri yang multisektor,” tukasnya.

Ia menerangkan, tolak ukur keberhasilan pariwisata dapat diukur dari terciptanya iklim yang kondusif dalam bentuk dukungan dan penerimaan masyarakat terhadap pengembangan pariwisata di daerah.

“Kemudian juga untuk persiapan sarana prasarana penunjang wisata,” pungkasnya. (ayt)

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Adiyat
Editor: Zakiri

Pos terkait