Muhammad Nuh: Pers harus tetap berperan sebagai Kontrol Sosial

  • Whatsapp
Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh menjadi narasumber dalam pelatihan wartawan ekonomi di Kalsel.(Anas Aliando)

Banjarmasin, kalselpos.com – Wartawan harus membawa perubahan, karena perubahan adalah keniscayaan. Wartawan adalah pembelajar sejati dan dapat memberikan kebaharuan untuk bangsa.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pers, Prof. Muhammad Nuh saat memberikan pelatihan secara virtual kepada puluhan jurnalis ekonomi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam kegiatan pelatihan wartawan ekonomi yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalsel, bertempat di salah satu hotel ternama di Banjarmasin, Kamis (19/11/2020).

Bacaan Lainnya

“Jurnalis harus pandai membaca dinamika.  Persoalan adalah sebuah tantangan dan peluang yang harus diberikan jawaban. Setiap jawaban tersebut, memberikan positif gain atau multiple gain,” bebernya.

Nuh berpesan,  pers harus tetap berperan sebagai kontrol sosial berbasis information credibility.

“Apa yang dilakukan BI. Apa yang seharusnya dilakukan BI. Dan apa kenyataannya di masyarakat terhadap BI harus  kita sandingkan.  Kalau kita mau memberikan saran, kritik dan koreksi, tidak mungkin kalau kita tidak punya kompetensi,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalsel, Amanlison Sembiring menyatakan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap kontribusi penyaluran informasi yang dilakukan para wartawan ekonomi kepada masyarakat. “Dengan pelatihan ini kami harapkan lebih memperkaya khazanah para wartawan ekonomi Kalsel,” ujarnya.

Amanlison berujar, selama setahun ini rekan-rekan media telah banyak berkontribusi dalam menyalurkan informasi kepada masyarakat mengenai berbagai kebijakan maupun kegiatan yang dilakukan BI.

Pelatihan kali ini juga menghadirkan narasumber dari Analis Fungsi pelaksanaan Pengembangan UMKM, Kl dan Syariah, Aryo Wibowo TP, Asisten Analisis Kelompok Perumusan KEKDA Wilayah dan Provinsi, Annisa Elma Nabila, dan Kasir Unit Pengelolaan Uang Rupiah (PUR), Fahruddin AS dan Rizky Rahmatullah.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE