Meningkatkan Perkebunan di Kalsel, Disbunak Tak Bergantung APBD

  • Whatsapp
Ketua Pansus II DPRD Kalsel, H.Akhmad Rozanie Himawan Nugraha. (dik)

Banjarmasin, kalselpos.com – Dinas perkebunan peternakan (Disbunak) Provinsi Kalsel sangat optimis potensi kemajuan pembangunan perkebunan kedepan, terlebih program kerja disokong bukan saja dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melainkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sehingga proyeksi peningkatan perkebunan agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Kita tidak bergantung pada APBD saja, namun juga mengusulkan pendanaan ke Pemerintah Pusat,” ujar Kadisbunak Provinsi Kalsel, Suparmi, (17/11).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sejauh ini memang potensi pendanaan Badan Pengelola Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit (BP3KS) termasuk dari pendanaan lainnya, sehingga kerjasama dengan kita kerja bisa berjalan dengan maksimal.

Adapun diantara kemajuan itu, adalah sektor kelapa sawit dengan peremajaan, peningkatan sarana prasarana dan SDM, karena semua kegiatan itu dibiayai oleh BP3KS.

Disampaikannya, perhatian itu diberikan kepada para pelaku usaha besar dan swasta, diantaranya membangun perkebunan plasma agar orientasi meningkatkan kesejahteraan bisa direalisasikan kepada pekebun.

Ia menyebut Raperda baru ini akan lebih eksplisit guna mengakomodir membangun ekonomi dan pelestarian lingkungan berbasis agrobisnis, karena usulan Perda No. 2 dinilai sudah tidak relevan lagi.

Sementara Ketua Pansus II DPRD Kalsel, H Akhmad Rozanie Himawan Nugraha ingin menghendaki adanya penyempurnaan Perda Nomor 2 Tahun 2013 ini, karena dinilai sudah terlalu lama, sehingga tidak relevan lagi untuk diterapkan. “Ini tentu saja sangat penting agar program kerja bisa berjalan optimal,” tukasnya.

Dikatakannya, Perda tersebut harus ada penyempurnaan sehingga ada koreksi.

“Kami dari tim Pansus II meminta kepada Disbunak melakukan beberapa hal perbaikan, agar penerapan program perkebunan berkelanjutan bisa berjalan dengan baik, sehingga hasilnya benar-benar dirasakan masyarakat demi menuju kesejahteraan jangka panjang,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik Alponso
Editor : Muliadi