Kunjungi Inovasi Desa, Bupati Minta Semua Kepala Desa Optimalkan Bumdes‎

  • Whatsapp
MENINJAU - Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry didampingi Sekda Muhammad Noor, meninjau inovasi desa yang dikelola oleh Bumdes.(Kominfo)‎

Kandangan, kalselpos.com – Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Muhammad Noor, meninjau inovasi Desa Mandala, Kecamatan Daha Utara dan Desa Muning Baru‎, Kecamatan Daha Selatan, Kamis (19/11/2020).

Inovasi Desa Mandala yang dikunjungi bupati bersama sekda‎, yakni sebanyak 18 petak/kios di samping Masjid Jami Iberahim yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Bacaan Lainnya

Sementara inovasi Desa ‎Muning Baru, yakni‎ pembuatan instalasi pengolahan limbah WC tripikon-S sebagai salah satu alternatif teknik penanganan limbah-limbah rumah tangga yang murah dan mudah pembuatannya.

Tripikon-S tersebut, dapat digunakan untuk tangki septik kakus/jamban rumah tangga di daerah, yang air tanahnya dangkal, daerah pasang surut, dan daerah rawa, atau pada daerah berlahan sempit.‎

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, meminta kepada kepala desa, untuk terus mengoptimalkan keberadaan Bumdes, yang keuntungan usahanya bisa digunakan untuk keperluan operasional kantor desa.

“Selain itu, keuntungannya juga bisa untuk tambahan penghasilan bagi perangkat desa,” ujar bupati.

Sementara untuk inovasi Desa Muning Baru, Bupati Fikry menilai alat untuk pembuangan limbah berupa WC tripikon sangat relevan digunakan, untuk menghindari limbah BAB yang langsung terbuang ke sungai.

Menurutnya, alat yang sederhana ini akan memproses limbah yang ada sehingga air yang keluar sudah bersih.

“Ini suatu inovasi yang luar biasa, untuk menggantikan jamban yang tidak diperbolehkan oleh pemerintah,” tukasnya.

Kepala Desa Muning Baru, Gusriadi, menjelaskan teknologi tripikon dibuat dari dialog dengan orang Dinas Kesehatan. Karena merasa tertarik, kemudian meminta untuk diajarkan teknik pembuatannya dan akhirnya menjadi sebuat alat pembuatan instalasi pengolahan limbah.

“Saat ini, tripikon sudah diterapkan di beberapa rumah warga,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Zakiri