Dinas Ketahanan Pangan Balangan Hibahkan Pabrik Penggilingan Padi

  • Whatsapp
UJICOBA-Pelaksanaan uji coba mesin penggilingan padi dipabrik penggilingan padi hibah Dinas Ketahanan Pangan Balangan. ( Kurnadi)

Paringin,kalselpos.com -Pemerintah Kabupaten Balangan melaui Dinas Ketahanan Pangan Balangan memprogramkan peningkatan penganeka ragaman konsumsi dankeamanan pangan serta kegiatan penanganan paska panen dan pengelolaan hasil pertanian .

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Balangan H.Ansharullah mengatakan, untuk menunjang program ekonomi para petani selain penghasilan sebagai petani ,pihaknya juga menyiapkan sarana penunjang berupa pabrik dan mesin penggilingan padi yang dikelola oleh para petani.

Bacaan Lainnya

Disampaikannya, sarana penunjang tersebut alokasi anggarkannya melalui APBD 2 tahun anggaran 2020.

“Untuk terliasasi program tersebut kami terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada kelompok-kelompok tani di Kabupaten Balangan ,kerena persyaratan untuk mendapatkan hibah pabrik penggilingan padi tersebut harus memenuhi syarat – syarat yang telah kita tentukan,”paparnya.

Menurut H.Ansharullah,syarat – syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut,mempunyai syrat keputusan kepengurusan dari pemerintah,membuat profosal,mempunyai lahan untuk bangunan yang cukup luas dan mempuyai surat – menyurat tentang kepemilikan.

“Selain itu syarat lainnya dekat dengan lahan pertanian masyarakat,mempunyai hasil produksi tinggi dari desa lainnya,”ujarnya.

Diungkapkannya, selain itu keinginan para petani sangat tinggi untuk mempunyai pabrik penggilingan padi sendiri dikelola secara kelompok.

“Setelah kami lakukan verifikasi baik secara administrasi , akhirnya kami putuskan kelompok tani Desa Kandang Jaya Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan yang terpilih,”jelasnya.

H.Ansharullah,mengungkapkan setelah beberapa bulan dilaksanakan melalui penunjukan langsung( PL ) akhirnya pabrik penggilingan padi Desa Kandang Jaya Kecamatan Lampihong Balangan pada Kamis ( 19/11) diuji coba mesin penggilingannya dengan hasil cukup bagus dan layak untuk dikonsumsi .

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:kurnadi
Editor:wandi