APBD Tahun 2021 Naik Menjadi Rp 5,415 Triliun

  • Whatsapp
Anggota Banggar DPRD Kalsel, Gusti Rudiansyah saat menyampaikan APBD TA 2021 dalam rapat Paripurna.(dik)

Banjarmasin, kalselpos.com – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran (TA) 2021 mengalami kenaikan menjadi Rp 5,415 triliun dari target sebelumnya pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp 5,412 triliun.

Besaran alokasi anggaran ini diharapkan dapat mendukung target capaian pembangunan nasional pada tahun 2021 yang sesuai dengan kewenangan Provinsi Kalsel.

Bacaan Lainnya

“Target itu diluar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) mengalami kenaikan,”ungkap anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kalsel, Gusti Rudiansyah dalam rapat Paripurna DPRD Kalsel terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD TA 2021, Kamis (19/11/2020).

Dari peningkatan tersebut sebelumnya alokasi belanja daerah pada rancangan APBD TA 2021 semula sebesar Rp 5,462 triliun, namun setelah pelaksanaan pembahasan, besaran angkanya mengalami kenaikan menjadi Rp 5,515 Triliun.

Sedangkan sisi pembiayaan daerah berdasarkan hasil pembahasan yang dilaksanakan Banggar terdapat selisih kurang untuk APBD TA 2021 sebesar Rp 100 Miliar.

“Kekurangan penganggaran tersebut akan ditutupi dari surplus pembiayaan netto. Surplus tersebut didapat dari total penerimaan pembiayaan daerah yang berasal dari Silpa tahun anggaran sebelumnya,” terangnya.

Pihak Banggar menyarankan agar komitmen pencapaian target dari pendapatan daerah harus menjadi hal pokok sekaligus perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) seiring belum membaiknya perekonomian di tingkat nasional maupun global yang masih belum stabil.

“Komitmen capaian positif ini mutlak diperhatikan Pemda di tengah pemulihan ekonomi nasional,”ungkapnya.

Menurut Gusti Rudiansyah perlu ada langkah-langkah konkrit meliputi pemantapan kelembagaan, intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan, koordinasi antara pusat dan daerah, peningkatan deviden BUMD, peran dan fungsi UPTD, BLUD, UPPD termasuk balai – balai penghasil retribusi daerah lainnya, serta peningkatan pendapatan yang berasal dari hasil pengelolaan aset milik daerah.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik Alponso
Editor : Muliadi