Angka kesembuhan pasien Covid di Kalsel menunjukan Peningkatan

H Rudy Resnawan, Plt Gubernur Kalsel saat rapat pemeriksaan kinerja percepatan penanganan Covid-19.(Ist)

Banjarbaru, kalselpos.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) terus melakukan upaya terukur untuk penanganan Covid-19. Hasilnya, angka kesembuhan pasien Covid terus menunjukan peningkatan.

Hal itu disampaikan Plt Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan pada saat rapat pemeriksaan kinerja percepatan penanganan Covid-19 bidang kesehatan, di Banjarbaru, Senin (16/11).

Bacaan Lainnya

Menurut Rudy, ada empat strategi yang dilakukan Pemprov Kalsel dalam menganani Covid
-19 yang terbukti efektif. Yaitu Tracing, Testing,Treatment dan Edukasi.

Strategi Tracing atau penulusuran terus dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 dari di fasilitas kesehatan terhadap orang memiliki gejala demam batuk dan yang lainya. Tracing juga dilakukan pada orang yang memiliki kontak erat terhadap pasien yang tekonfirmasi positif.

Testing (pengujian) juga dilakukan bahkan pada hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan Tim Satgas melakukan Swab masif sebanyak 10000 orang guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Rudy memaparkan, strategi treatment (pemulihan) dilalukan dari penambahan rumah sakit rujukan dari hanya 2 menjadi 7 dan penyiapan gedung karatina khusus, peningkatan SDM tenaga kesehatan, penambahan alkes.

“Selain ruang isolasi di RS, Pemprov juga menyiapkan tempat karatina khusus untuk orang tanpa gejala yang terkonfirmasi,” katanya.

Rudy merinci, pada bulan April 2020 ada 4 gedung yang dijadikan karatina khusus dengan jumlah 724 tempat tidur yaitu Bapelkes 136, BPSDMD 240, BPSDMD Ambulung 160, Asrama Haji 188.

Strategi selanjutnya adalah edukasi dan sosialisasi, Disampaikan Rudy Pemprov Kalsel membentuk tim Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) yang melibatkan ASN untuk menyampaikam pentingnya penerapan 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan disipilin menjaga jarak.

Menurut Rudy, per 13 Nopember 2020 angka kesembuhan pasien Covid mencapai 90,55. Angka kesembuhan Kalsel berada di atas rata-rata nasional yaitu 77, 3 persen.

Dikatakan Rudy, penanganan Covid-19 di banua, difokuskan pada meningkatkan kesembuhan, mengurangi angka kematian dan menekan angka penularan.

Rudy menyebut efektifnya penanganan Covid-19 tidak terlepas dari bantuan Polri dan TNI yang secara terus menerus melakukan upaya preventif dan pendisiplinan menggunakan masker.

Kepala BPK RI Kalsel, Tornanda Syaifullah menjelaskan, rapat ini untuk mengetahui lebih rinci penanganan Covid-19. Sekaligus menanyakan apakah kebijakan yang diambil sudah berjalan secara efektif.

Menurutnya, kondisi kedaruratan pandemi Covid-19, prinsip-prinsip tata kelola yang baik, seperti transparansi dan akuntabilitas sesuai ketentuan perundang-undangan harus tetap diterapkan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Pos terkait