TPS Malkon Temon Harus Dipindah

Dr H. Akhmad Murjani Mkes, pemerhati kebijakan publik .(Ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Persoalan Tempat Penampungan Sementara (TPS) di Jalan Malkon Temon yang berseberangan dengan makan pahlawan nasional Pangeran Antasari sudah seharusnya dipindah ketempat yang lebih refresentatif, aman dan memenuhi kaidah lingkungan jauh dari pemukiman penduduk.

Perlu diketuk hati dan pikiran kita agar bisa lebih menghargai jasa para pahlawan yang rela berkorban demi sebuah kemerdekaan, ironis memang kondisi ini jika dilihat sejarahnya lebih dulu pemakaman dari pada TPS.

Bacaan Lainnya

“Makam Pangeran Antasari harus di rawat, di jaga, dipelihara bila perlu di renovasi, lingkungan sekitarnya harus tertata dengan bagus, supaya orang orang yang ingin berkunjung kesana menjadi nyaman,” ujar Pemerhati kebijakan publik Dr H Akhmad Murjani SH MH.

Ia menambahkan, masalah tata kelola lingkungan, kebersihan hingga masalah makam pahlawan ini harus diatasi jangan terkesan dibiarkan, setidaknya ada solusi jangka panjang. Selain itu orientasi destinasi wisata religius perlu dikembangkan di Kota Banjarmasin,

“Siapapun Wali Kotanya harus memikirkan tempat wisata wisata religius maupun wisata lainnya berbasis air, alam dan tempat edukasi,”katanya

Lanjut ketua yayasan UCB ini, kita semua berharap ada upaya nyata dalam mengedukasi budaya maupun kearifan lokal untuk anak anak kita, dan juga sebagai peningkatan pengetahuan lokal, nasional dan bahkan ke luar negeri ini tentu menjadi tugas bersama jika dibiarkan tanpa solusi dikhawatirkan rasa memiliki dan penghormatan kepada pahlawan luntur

“Ini bukan persoalan fisik makam saja, tapi secara kultural dan pemahaman kepada generasi penerus terkait perjuangan rela berkorban,” sebutnya.

Hal lain yang jadi catatan kita adalah apakah rasa malu itu sudah hilang jika wisatawan datang mengunjungi makam pahlawan nasional berdekatan dengan TPS, semoga ini menjadi pelajaran berharga agar lebih menghargai jasa pahlawan dan pemakaman umum disana.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik
Editor : Muliadi

Pos terkait