Noormiliyani : Membangun Desa tak Cukup hanya Infrastruktur

  • Whatsapp
Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS saat membuka pelatihan pratugas para anggota BPD se Kecamatan Wanaraya.

Marabahan, kalselpos.com – Membangun desa tak cukup hanya infrastruktur tetapi dalam pengertian lebih luas seperti strata penyelenggaraan pemerintahannya, memberdayakan masyarakatnya, termasuk ekonominya seperti pemberdayaan usaha termasuk BUMDes.

Bacaan Lainnya

Demikian itu diutarakan Bupati Barito Kuala (Batola), Hj Noormiliyani AS saat membuka pelatihan pratugas para anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kecamatan Wanaraya di Hotel Rodhita Banjarmasin.

“Sesuai Visi Misi kami membangun desa menata kota titik beratnya adalah membangun desa. Kenapa tidak membangun kota, karena kota hanya di tata tapi kalau desa dibangun baik infrastruktur, strata sosial, strata pemerintahannya, struktur pemerintahannya maupun ekonominya,” terangnya, (6/11).

Noormiliyani yang memiliki latar belakang pendidikan hukum tata negara dan tata pemerintahan itu menyatakan, sesuai Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa anggota BPD dituntut memenuhi fungsi sebagai pengawas dalam pelaksanaan pembangunan desa, ikut terlibat dalam mekanisme pengaturan anggaran ketika musrenbangdes, serta ikut membina dan memberdayakan peningkatan ekonomi desa.

“Tolong pahami tugas dan fungsi. Kalian juga mempunyai hak bertanya jika kemungkinan dalam pemerintahan desa terdapat sesuatu yang menyalahi, baik kepada kades maupun jajarannya,” jelasnya.

Di kesempatan pelatihan ini, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu, juga mengutarakan rencana pelaksanaan Pilkades secara langsung secara terjadwal melalui e-voting (elektronik voting) di 163 desa se-Batola pada April 2021 mendatang.

Ia mengharapkan kerjasama para anggota BPD untuk turut menyukseskan. Menurutnya, jika kegiatan berjalan sukses maka Batola menjadi yang pertama di Indonesia berhasil melaksanakan dan akan kembali menjadi percontohan.

“Selama ini banyak kegiatan Dinas PMD yang menjadi tempat belajar dari daerah lain seperti penyelenggaraan Pilkades serentak di 163 desa tahun 2015 serta pelaksanaan perekrutan perangkat desa melalui sistem CAT,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliadi
Editor : Muliadi